BUKU REFERENSI AKUNTANSI PERILAKU TATA KELOLA DAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0
February 28, 2024
Lucky Nugroho, Hari Setiyawati, Audita Setiawan, Erik Nugraha

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
BUKU REFERENSI AKUNTANSI PERILAKU TATA KELOLA DAN ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 Image
Abstract

Era globalisasi saat ini dimana terjadinya integrasi ekonomi, politik, sosial, dan budaya di seluruh dunia. Oleh karena itu, pada era ini, berbagai aspek kehidupan manusia menjadi lebih terhubung, interdependen, dan saling mempengaruhi di tingkat global. Lebih lanjut, globalisasi dapat dilihat sebagai suatu proses di mana dunia menjadi semakin kecil dan aksesibilitas antarnegara semakin mudah, terutama berkat perkembangan teknologi informasi, komputer dan internet.
Akuntansi perilaku tidak secara langsung berhubungan dengan ilmu akuntansi yang memiliki fokus terhadap aktivitas pencatatan, pengukuran, dan pelaporan keuangan suatu entitas. Namun demikian akuntansi perilaku biasanya dianggap sebagai bagian dari akuntansi manajemen. Hal tersebut dikarenakan, akuntansi manajemen adalah cabang dari akuntansi yang berfokus pada pengumpulan, analisis, dan pelaporan informasi keuangan dan non-keuangan kepada manajer dan pemimpin organisasi untuk membantu mereka dalam pengambilan keputusan yang efektif. Salah satu aspek penting dari akuntansi manajemen adalah memahami perilaku individu dan kelompok dalam organisasi serta bagaimana perilaku tersebut memengaruhi proses pengambilan keputusan.
Oleh karenanya, pengertian dari akuntansi perilaku merupakan bidang ilmu yang menggabungkan ilmu akuntansi dengan prinsip-prinsip psikologi dan ilmu perilaku untuk memahami dan menjelaskan bagaimana faktor-faktor psikologis dapat mempengaruhi pengambilan keputusan akuntansi dan perilaku individu atau kelompok dalam konteks organisasi. Tujuan dari buku ini adalah untuk mengetahui manfaat dari akuntansi perilaku bagi entitas bisnis pada era globalisasi saat ini dan relevansi akuntansi perilaku dengan psikologi serta psikologi sosial.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
HUKUM INTERNASIONAL
HUKUM INTERNASIONAL Image
PTM TERBATAS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL FLIPPED CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN PJOK
PTM TERBATAS DENGAN MENGGUNAKAN MODEL FLIPPED CLASSROOM PADA MATA PELAJARAN PJOK Image
MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS)
MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads