ETNOMEDISIN TUMBUHAN OBAT MALUKU
February 26, 2024
Adrien Jems Akiles Unitly, Veince Benjamin Silahooy

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
ETNOMEDISIN TUMBUHAN OBAT MALUKU Image
Abstract

Etnomedisin adalah suatu konsep kepercayaan dan praktek terkait pengobatan penyakit yang dilakukan secara turun temurun. Etnomedisin menjadi hasil dari perkembangan. kebudayaan masyarakat dalam penggunaan tumbuhan sebagai bahan dasar pembuatan obat tradisional diluar dari ilmu kedokteran modern.

Dalam buku karangan Unitly & Silahooy ini menjelaskan berbagai jenis tumbuhan obat yang menjadi warisan etnomedisin dari nenek moyang orang Maluku yang telah dimanfaatkan sejak ratusan tahun secara turun temurun. Pengolahan tumbuhan menjadi obat di Indonesia pada dasarnya dikelompokkan dalam tiga kelompok yaitu jamu, obat herbal terstandar dan fitofarmaka. Fungsi pengobatan dari tumbuhan tentu saja berhubungan dengan kandungan senyawa bioaktif yang ada dalam tumbuhan tersebut.

Buku ini memiliki keunggulan yaitu setiap tumbuhan obat dilengkapi dengan gambar yang akan mempermudah pembaca mengenali jenis tumbuhan obat tersebut berdasarkan ciri morfologinya di alam. Ciri morfologi dideskripsikan menggunakan Bahasa yang sederhana, sehingga pembaca awam mampu memahami apa yang dimaksudkan oleh penulis. Buku ini juga. dilengkapi dengan informasi saintifik berupa penyebaran dan habitat tumbuhan obat tertentu secara global dan secara khusus di Maluku, sehingga dapat membantu pembaca apabila ingin melakukan budidaya tumbuhan ini dengan menyesuaikan pada kondisi lingkungan habitat alaminya. Kelebihan lainnya dari buku ini adalah setiap tumbuhan obat yang ada, dilengkapi juga dengan cara pemanfaatan dan kegunaan atau khasiat dari tumbuhan tersebut, mengingat setiap tumbuhan obat memiliki cara pemanfaatan yang berbeda untuk memperoleh khasiat yang maksimal.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
CSR PERUSAHAAN “Teori Dan Praktis Untuk Manajemen Yang Bertanggung Jawab”
CSR PERUSAHAAN  “Teori Dan Praktis Untuk Manajemen Yang Bertanggung Jawab”  Image
TERNAK POTONG (TEORI DAN PRAKTIK)
TERNAK POTONG (TEORI DAN PRAKTIK) Image
ELECTRONIC BUSINESS
ELECTRONIC BUSINESS Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads