Metrics

  • visibility 0 views
  • get_app 0 downloads
description Book public Widina Bhakti Persada

METODOLOGI PENELITIAN TEORI DAN APLIKASI

Muh. Yani Balaka
Published 22 August 2022

Abstract

Metode Penelitian Teori dan Aplikasi adalah sebuah metode penelitian yang memakai data yakni angka-angka yang ditambahkan penekanan terhadap pengukuran hasil yang objektif disertai analisis statistik. Angka-angka yang digunakan dalam analisis statistik berasal dari skala objektif pengukuran unit analisis yang disebut variabel. Angka-angka ini kemudian akan dianalisis menggunakan perangkat lunak aplikasi statistik yang sesuai untuk mengungkap hubungan atau perbedaan yang signifikan antar variabel. Output berfungsi sebagai dasar untuk membuat kesimpulan dan generalisasi penelitian. Ada empat jenis skala pengukuran yaitu nominal, ordinal, rasio, dan interval. Data yang akan menjadi dasar untuk menjelaskan suatu fenomena, oleh karena itu, dapat dikumpulkan melalui survei. Survei tersebut menggunakan instrumen yang memerlukan input numerik atau pengukuran langsung parameter yang menjadi ciri subjek penyelidikan (misalnya pH, oksigen terlarut, salinitas, kekeruhan, dan konduktivitas untuk mengukur kualitas air).

Metode Penelitian Teori dan Aplikasi juga merupakan salah satu jenis penelitian yang lengkap berupa sistematis, terencana yang terstruktur dengan jelas sejak awal sampai pembuatan desain pada penelitiannya. Metode Penelitian Teori dan Aplikasi mengumpulkan data dalam berbentuk angka yang bisa ditambahkan ke dalam kategori, dalam urutan peringkat, kemudian diukur dalam satuan pengukurannya. Jenis data tersebut bisa dipakai guna membuat grafik serta tabel data mentah. Kemudian Penelitian ini digunakan untuk menguji sebuah teori dan pada akhirnya mendukung atau menolaknya.

Peneliti melakukan observasi serta membentuk hipotesis dalam usahanya guna menjelaskan sebuah fenomena. Kalau sebuah hipotesis lolos uji berkali-kali, hipotesis itu bisa menjadi sebuah teori ilmiah baru. Tujuan Metode Penelitian Teori dan Aplikasi ini untuk mengembangkan model-model matematis, teori-teori serta hipotesis yang berhubungan terhadap sebuah fenomena yang tujuannya menentukan hubungan antar variabel dalam suatu populasi. Proses pengukuran memberikan kaitannya yang mendasar antara pengamatan empiris serta matematis dari hubungan teori dan aplikasi. Penelitian teori dan aplikasi banyak dipakai baik dalam ilmu-ilmu alam ilmu-ilmu sosial, fisika serta biologi sampai sosiologi dan journalism.

Full text

 

Metrics

  • visibility 0 views
  • get_app 0 downloads