IMPLIKASI KURIKULUM MERDEKA DI ERA SOCIETY 5.0
Июнь 15, 2024
Adrianus Tuturop, Elma Silvia Amnita, Noldianto Marianus Lasterman, A.R. Citra Evrista Pertiwi, Balsamus Pieter Dwiwasa + 17 more authors

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
IMPLIKASI KURIKULUM MERDEKA DI ERA SOCIETY 5.0 Image
Abstract

Pendidikan merupakan fondasi penting dalam membentuk individu dan masyarakat yang siap menghadapi tantangan masa depan. Di tengah transformasi menuju era Society 5.0, di mana teknologi digital menjadi pendorong utama perubahan sosial, Kurikulum Merdeka muncul sebagai respons yang relevan terhadap kebutuhan zaman. Dalam konteks ini, Kurikulum Merdeka memiliki implikasi yang mendalam dan beragam dalam pendidikan di era Society 5.0.

Salah satu implikasi utama dari Kurikulum Merdeka adalah penekanan pada pengembangan keterampilan abad ke-21. Era Society 5.0 memperkenalkan integrasi teknologi digital yang mendalam dalam kehidupan sehari-hari, yang memerlukan individu untuk memiliki keterampilan yang lebih dari sekadar penguasaan materi akademis. Kurikulum Merdeka menekankan pembelajaran yang kontekstual dan aplikatif, memungkinkan siswa untuk mengaitkan pengetahuan dengan dunia nyata dan mempersiapkan mereka untuk tantangan kompleks dalam masyarakat modern. Ini tidak hanya mencakup keterampilan teknologi informasi, tetapi juga keterampilan berpikir kritis, komunikasi efektif, dan keterampilan sosial-emosional yang sangat penting dalam era digital ini. Dengan demikian, Kurikulum Merdeka membantu mempersiapkan individu untuk menjadi anggota yang aktif dan produktif dalam masyarakat yang didorong oleh teknologi.

Selain itu, Kurikulum Merdeka juga mengarah pada pendekatan pembelajaran yang responsif dan inklusif. Di era Society 5.0, akses merata terhadap pendidikan dan kemampuan untuk memanfaatkan teknologi adalah kunci untuk mengurangi kesenjangan dan memastikan bahwa semua individu memiliki kesempatan yang sama untuk berkembang. Melalui Kurikulum Merdeka, upaya diperkuat untuk menciptakan lingkungan pembelajaran yang responsif terhadap kebutuhan generasi Z dan Alpha, yang sudah terbiasa dengan teknologi digital sejak dini. Integrasi teknologi dalam Kurikulum Merdeka tidak hanya memberikan akses merata terhadap pendidikan, tetapi juga membantu menciptakan lingkungan pembelajaran yang inklusif bagi semua siswa, termasuk mereka yang memiliki kebutuhan khusus. Hal ini memungkinkan pendidikan untuk menjadi alat untuk memajukan inklusi sosial dan memperkuat kesetaraan kesempatan dalam masyarakat yang semakin terhubung secara digital.

Selanjutnya, Kurikulum Merdeka juga menggambarkan transformasi paradigma pendidikan menuju pembelajaran sepanjang hayat. Era Society 5.0 menuntut individu untuk terus mengembangkan keterampilan mereka seiring waktu, mengingat laju perubahan teknologi yang cepat dan tuntutan masyarakat yang berubah. Dengan menekankan pembelajaran kontekstual dan aplikatif, Kurikulum Merdeka mempersiapkan siswa untuk menghadapi tantangan kompleks dalam masyarakat modern, sementara juga memberikan penekanan pada pembelajaran sepanjang hayat. Ini berarti bahwa pendidikan tidak lagi hanya terbatas pada masa sekolah, tetapi merupakan proses yang berkelanjutan sepanjang hidup. Kurikulum Merdeka memberikan fondasi yang kuat untuk pengembangan keterampilan interpersonal, kreativitas, dan kemandirian yang diperlukan untuk berhasil dalam era Society 5.0 yang terus berubah.

Dengan demikian, Kurikulum Merdeka memiliki implikasi yang signifikan dalam pendidikan di era Society 5.0. Melalui penekanan pada pengembangan keterampilan abad ke-21, pendekatan pembelajaran responsif dan inklusif, serta transformasi paradigma pendidikan menuju pembelajaran sepanjang hayat, Kurikulum Merdeka membantu mempersiapkan individu untuk menjadi anggota yang aktif dan produktif dalam masyarakat yang didorong oleh teknologi. Sebagai landasan inovatif dalam reformasi pendidikan di Indonesia, Kurikulum Merdeka tidak hanya relevan dengan tuntutan zaman, tetapi juga merupakan langkah strategis untuk menciptakan masyarakat yang berkelanjutan dan inklusif di era Society 5.0.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
MANAJEMEN PERUBAHAN
MANAJEMEN PERUBAHAN Image
PENDIDIKAN DAN BELA NEGARA
PENDIDIKAN DAN BELA NEGARA Image
DASAR-DASAR PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA AIR
DASAR\u002DDASAR PEMBANGKIT LISTRIK TENAGA AIR Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads