SISTEM PERBANKAN SYARIAH
Декабрь 2, 2023
Muslihati Muslihati

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
SISTEM PERBANKAN SYARIAH Image
Abstract

Perkembangan Ekonomi syariah di Indonesia pada periode awal di tandai dengan berdirinya sebuah lembaga perbankan yang menerapkan sistem bagi hasil. Perbankan syariah merupakan salah satu lembaga keuangan syariah yang perkembangannya cukup pesat jika dibandingkan dengan lembaga keuangan syariah yang lain. Pada dasarnya operasional bank syariah sama halnya dengan fungsi bank pada umumnya yaitu sebagai lembaga yang bertanggung jawab atas penghimpunan dan penyaluran dana masyarakat. Akan tetapi secara spesifik perbankan syariah menerapkan prinsip yang berkesesuaian dengan syariah, terutama pada produk dan layanan yang ditawarkan.

Buku ini akan terlebih dahulu memberikan pemahaman mendasar dalam ekonomi syariah yang dapat menjembatani pemahaman lanjutan terkait mekanisme operasional pada bank syariah. Maka dari itu beberapa pembahasan awal akan menjelaskan tentang sejarah perkembangan perbankan syariah secara umum lalu kemudian menjelaskan lebih lanjut tentang perkembangannya di Indonesia. Selanjutnya pendalaman terkait isu-isu yang erat kaitannya dengan perbankan syariah akan dijelaskan pada bab selanjutnya mengenai perbandingan mekanisme bunga dengan sistem bagi hasil, lalu pengenalan terhadap kelembagaan bank syariah, prinsip-prinsip, serta perbedaan operasional bank syariah dengan bank konvensional.

Pada enam bab terakhir, buku ini akan lebih spesifik menguraikan macam-macam akad yang umumnya digunakan dalam produk dan layanan pada kegiatan operasional perbankan syariah seperti akad wadiah, mudharabah, musyarakah, murabahah, ijarah dan Qardh. Dengan demikian buku ini sangat direkomendasikan bagi kalangan akademisi, praktisi maupun masyarakat umum yang berkaitan dengan kegiatan ekonomi dan keuangan.

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads