HUKUM CYBER
Октябрь 14, 2023
Juanrico Alfaromona Sumarezs Titahelu, Kasmanto Rinaldi, Ika Atikah, La Ode Ali Mustafa, Margie Gladies Sopacua + 9 more authors

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
HUKUM CYBER Image
Abstract

Setiap negara yang memfasilitasi kehidupan bernegara dengan penggunaan sistem elektronik dan internet yang maju, secara tidak langsung perkembangan cyber law di dalamnya turut maju. Hukum Siber atau Cyber law erat kaitannya dengan upaya pencegahan tindak pidana dan penanganan tindak pidana. Cyber law adalah aspek hukum yang ruang lingkupnya meliputi aspek orang perorangan atau subjek hukum yang menggunakan dan memanfaatkan teknologi internet yang dimulai pada saat memasuki dunia maya. Cyber Law ini merupakan istilah yang berasal dari cyberspace law.

Istilah hukum diartikan sebagai padanan dari kata cyber law, yang saat ini secara international digunakan untuk istilah hukum yang terkait dengan pemanfaatan TI. Istilah lain yang juga digunakan adalah Hukum TI (Law of Information Teknologi), Hukum dunia maya (Virtual Word Law), dan Hukum Mayantara.

Kegiatan siber/cyber meskipun bersifat virtual dapat dikategorikan sebagai tindakan dan perbuatan hukum yang nyata. Kegiatan siber/cyber adalah kegiatan virtual yang berdampak sangat nyata meskipun alat buktinya bersifat elektronik. Dengan demikian subjek pelakunya harus dikualifikasikan pula sebagai orang yang telah melakukan perbuatan hukum secara nyata. Sehingga Hukum Siber/Cyber law bukan saja keharusan, melainkan sudah merupakan kebutuhan untuk menghadapi kenyataan yang ada sekarang ini, yaitu dengan banyaknya berlangsung kegiatan cyber crime.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
DAMPAK KEBIJAKAN EKONOMI TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT
DAMPAK KEBIJAKAN EKONOMI TERHADAP KESEJAHTERAAN MASYARAKAT Image
METODE PENELITIAN HUKUM
METODE PENELITIAN HUKUM Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads