KECUKUPAN MODAL INTI BANK
Декабрь 2, 2021
Lis Sintha Oppusunggu, Yusuf Rombe M. Allo

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
KECUKUPAN MODAL INTI BANK Image
Abstract

Perbankan di Indonesia memegang peranan yang penting dalam menggerakkan sektor perekonomian, oleh karena itu diperlukan perbankan yang sehat. Permodalan adalah salah satu tolok ukur dalam menilai tingkat kesehatan bank. Modal yang dimiliki bank memiliki fungsi sebagai penyerap risiko dan kerugian yang dialami bank. Oleh karena itu bank dituntut untuk memiliki modal yang cukup, sehingga bank dapat menyerap risiko dan kerugiannya. Permodalan merupakan salah satu tolak ukur dalam menilai tingkat kesehatan bank. Modal yang dimiliki bank memiliki fungsi sebagai penyerap risiko dan kerugian yang dialami bank.

Oleh karena itu bank dituntut untuk memiliki modal yang cukup, sehingga bank dapat menyerap risiko dan kerugiannya. Melalui PBI No. 14/26/PBI/2012 kemudian diperbaharui dengan POJK No. 6/POJK.03/2016 mengatur kegiatan usaha yang dapat dilakukan oleh bank dan jaringan kantor yang dapat dibukanya berdasarkan besarnya modal inti dari tiap-tiap bank tersebut. Semakin besar modal inti yang dimiliki oleh suatu bank, maka akan semakin luas jangkauan jasa keuangan dan jaringan kantor yang dapat dibukanya. Semakin besar modal inti yang dimiliki oleh suatu bank, maka akan semakin luas jangkauan jasa keuangan dan jaringan kantor yang dapat dibukanya”.

POJK tersebut juga membagi bank umum berdasarkan modal inti yang dimilikinya dan disebut dengan BUKU (Bank Umum berdasarkan Kegiatan Usaha). “Modal inti bank mencakup modal inti utama dan modal inti tambahan. Komponen yang menjadi perhitungan modal inti utama adalah besarnya modal disetor dan cadangan tambahan modal. Cadangan tambahan modal diantaranya berisi agio, modal sumbangan, cadangan umum, laba tahun berjalan, laba tahun-tahun sebelumnya dan beberapa komponen lainnya. Sedangkan modal inti tambahan mencakup diantaranya kepemilikan silang pada entitas lain yang diperoleh karena hukum atau hibah dan penyertaan pada modal inti tambahan 1 atau modal inti tambahan 2 pada bank lain.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
POTENSI DAN TANTANGAN PERPAJAKAN SEBAGAI KUNCI MEWUJUDKAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs)
POTENSI DAN TANTANGAN PERPAJAKAN SEBAGAI KUNCI MEWUJUDKAN SUSTAINABLE DEVELOPMENT GOALS (SDGs) Image
STRATEGIC EFFECTIVITIES ORGANIZATIONAL
STRATEGIC EFFECTIVITIES ORGANIZATIONAL Image
HERBAL PENGENDALI NYAMUK
HERBAL PENGENDALI NYAMUK Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads