EKOWISATA DALAM PERSPEKTIF EKOLOGI DAN KONSERVASI
December 18, 2021
Regina Rosita Butarbutar

Metrics

  • Eye Icon 1 view
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 1 view  //  0 downloads
Abstract

Secara umum ekowisata adalah sebuah konsep pariwisata yang mencerminkan wawasan lingkungan dan mengikuti kaidah-kaidah keseimbangan serta kelestarian lingkungan. Berdasarkan hal inilah maka ekowisata dapat diinterpretasikan menjadi perjalanan yang sangat unik dan komprehensif karena melibatkan komponen konservasi alam, pemberdayaan masyarakat lokal dan pendidikan lingkungan hidup. Perjalanan wisata yang memperhatikan aspek ekologi merupakan dasar pengembangan ekowisata yang berkelanjutan.

Keanekaragaman flora dan fauna merupakan maskot suatu wilayah yang dapat dijadikan sebagai sebuah daya tarik atau atraksi. Pemanfaatan daya tarik (atraksi), keunikan dan keindahan alam yang terdapat dalam zona pemanfaatan TN (Taman Nasional), Tahura (Taman Hutan Raya) dan TWA (Taman Wisata Alam) dilaksanakan sesuai dengan asas konservasi sumber daya alam hayati dan ekosistemnya (pasal 2 PP 18/1998). Secara morfologi flora dan fauna pada suatu wilayah memiliki keunikan (khas) karena endemiknya. Apabila jumlah populasi dari flora dan fauna semakin menurun maka perlu dilakukan konservasi sebagai sebuah upaya pelestarian atau penyelamatan lingkungan untuk mendukung kegiatan ekowisata. Oleh karena itu materi pada buku ini lebih menjelaskan mengenai “Ekowisata dalam Perspektif Ekologi dan Konservasi”.

Topik yang dibahas dalam buku ini terdiri dari 10 (sepuluh) bab, yang meliputi: konsep dasar ekowisata, jenis dan produk ekowisata, pengaruh ekowisata pada ekosistem pegunungan, pengaruh ekowisata pada ekosistem perairan dan pesisir pantai, ekowisata dalam aspek ekologi, ekowisata dalam sudut pandang konservasi, ekologi sebagai pijakan dalam ekowisata berkelanjutan, nilai-nilai ekologi sebagai unsur utama ekowisata, konservasi sebagai alat promosi ekowisata di Indonesia, serta keberhasilan ekowisata dalam pendekatan ekologi dan konservasi.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
PENGAJARAN BERBASIS TEKNOLOGI DIGITAL (Perkembangan dan Praktik)
KESEHATAN LINGKUNGAN
PENDIDIKAN ANTIKORUPSI (MENCIPTAKAN PEMAHAMAN GERAKAN DAN BUDAYA ANTIKORUPSI)
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 1 view
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 1 view  //  0 downloads