GREEN BUDGETING (Konsep Anggaran Keuangan Daerah Berbasis Isu Lingkungan Hidup Menuju Local Sustainable Development Goals)
April 5, 2021
Waluyo Waluyo

Metrics

  • Eye Icon 8 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 8 views  //  0 downloads
GREEN BUDGETING (Konsep Anggaran Keuangan Daerah Berbasis Isu Lingkungan Hidup  Menuju Local Sustainable Development Goals) Image
Abstract

Solusi atas beragam isu dan persoalan lingkungan hidup yang semakin dinamis dan kompleks tentunya memerlukan pendekatan-pendekatan yang variatif dan multidoors, di mana buku ini menyajikan pendekatan berbasis keuangan daerah. Kejelian substansi buku ini di dalam mengambil sudut pandang keuangan daerah guna mengatasi persoalan dan isu lingkungan kemudian diuraikan secara runut bab per bab dalam buku ini, selain menggunakan pendekatan perbandingan sebagai lesson learned, buku ini juga mengambil beberapa pengalaman di daerah terkait konsep anggaran berbasis lingkungan. Beberapa problematika terkait penerapan anggaran berbasis lingkungan di Indonesia juga terjabarkan secara baik, kendatipun hanya beberapa daerah, namun setidaknya cukup merepresentasikan kondisi daerah-daerah yang lain.

Peluang menggunakan kebijakan anggaran berbasis lingkungan ditujukan sebagai salah satu instrumen mendukung kebijakan pengelolaan dan perlindungan lingkungan secara nasional, di mana tingkat kepedulian para pemangku kepentingan di daerah kemudian ditantang untuk mengeksekusi konsep anggaran berbasis lingkungan. Bagi pemangku kebijakan daerah, anggaran berbasis lingkungan adalah suatu seni memilih dan memilah prioritas program daerah, mana program daerah yang akan diberikan porsi yang lebih serta mana program daerah yang akan dipinggirkan. Jika konsep anggaran berbasis lingkungan hidup ini kemudian dijadikan role model di setiap daerah, tentunya Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tidak perlu bersusah payah mendorong daerah untuk memberikan perhatian lebih dalam pengelolaan dan perlindungan lingkungan sekaligus mengubah cara pandang kebijakan selama ini dari top-down menjadi bottom-up.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
PRINSIP DASAR EKONOMI PERTANIAN
PRINSIP DASAR EKONOMI PERTANIAN Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 8 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 8 views  //  0 downloads