Metrics

  • visibility 0 views
  • get_app 0 downloads
description Book public Widina Bhakti Persada Bandung

DASAR-DASAR ANDROID STUDIO DAN MEMBUAT APLIKASI MOBILE SEDERHANA

Ika Parma Dewi, Lativa Mursyida, Agariadne Dwinggo Samala
Published 14 March 2021

Abstract

System operasi mobile yang sangat popular pada saat ini adalah android. Pada saat ini hampir semua orang di dunia menggunakan system operasi mobile ini. Android menawarkan pendekatan yang menyeluruh pada pengembangan aplikasi, dimana satu aplikasi android yang dibangun dapat berjalan di berbagai perangkat yang menggunakan system operasi android, baik yang digunakan smartphone, smartwatch, tablet, dan perangkat lainnya. Sebagai system operasi, android mempunyai fungsi sebagai penghubung antara perangkat keras dengan pengguna (user). Android adalah sistem operasi berbasis Linux yang dirancang untuk perangkat bergerak layar sentuh dari telepon pintar dan komputer tablet.

Android Studio adalah Integrated Development Environment (IDE) resmi untuk pengembangan aplikasi Android, yang didasarkan pada IntelliJ IDEA. Selain sebagai editor kode dan fitur developer IntelliJ yang andal, Android Studio menawarkan banyak fitur yang meningkatkan produktivitas Anda dalam membuat aplikasi Android, seperti: Sistem build berbasis Gradle yang fleksibel; Emulator yang cepat dan kaya fitur; Lingkungan terpadu tempat Anda bisa mengembangkan aplikasi untuk semua perangkat Android; Terapkan Perubahan untuk melakukan push pada perubahan kode dan resource ke aplikasi yang sedang berjalan tanpa memulai ulang aplikasi; Template kode dan integrasi GitHub untuk membantu Anda membuat fitur aplikasi umum dan mengimpor kode sampel; Framework dan alat pengujian yang lengkap; Alat lint untuk merekam performa, kegunaan, kompatibilitas versi, dan masalah lainnya; Dukungan C++ dan NDK; dan Dukungan bawaan untuk Google Cloud Platform, yang memudahkan integrasi Google Cloud Messaging dan App Engine.

Buku ini menyajikan dasar-dasar Android Studio dan membuat Aplikasi Mobile Sederhana, Buku ini juga memudahkan para pengembang aplikasi mobile android baru untuk memahami penggunaan aplikasi android studio ini. Buku diawali dengan pembahasan pendahuluan yang memuat pengenalan android, sejarah, versi-versi android, kekurangan dan kelebihan dari android studio, dan didalam modul ini juga mengajarkan cara menginstal aplikasi android studio bagi pemula, pembuatan aplikasi sederhana, sampai publish aplikasi di Google Playstore.

Full text

 

Metrics

  • visibility 0 views
  • get_app 0 downloads