Metrics

  • visibility 791 views
  • get_app 0 downloads
description Book public Widina Bhakti Persada Bandung

KOMUNIKASI KESEHATAN

Andi Ulfah Magefirah Rasyid, Ita Musfirowati Hanika, Asriwati Asriwati, Erlina Puspitaloka Mahadewi, Siska Roswandani, 9 more
Published 8 March 2021

Abstract

Komunikasi merupakan salah satu bentuk interaksi antar individu untuk melakukan sosialisasi dalam hal menyampaikan informasi yang dapat mempengaruhi kehidupan individu dan masyarakat. Komunikasi juga dilakukan oleh tenaga professional yang bergelut di bidang kesehatan dalam memberikan pelayanan di fasilitas kesehatan. Tenaga kesehatan dituntut memiliki keahlian dalam berkomunikasi selama melakukan praktek sesuai profesinya, agar pesan medis yang telah disampaikan dapat diterima baik oleh pasien dan outcome therapy dapat tercapai.

Selain itu, komunikasi dalam bidang kesehatan juga dapat berperan dalam konteks menyebarluaskan informasi tentang kesehatan kepada masyarakat. Hal ini dapat berupa upaya menciptakan kesadaran, perilaku, dan sikap, serta memberikan motivasi untuk menerapkan perilaku hidup bersih dan sehat.

Untuk melengkapi pembahasan, buku ini diawali dengan pembahasan tentang pengertian, fungsi dan ruang lingkup komunikasi; model-model komunikasi; kemudian dilanjutkan tujuan dan peran strategis komunikasi kesehatan; revolusi budaya dan pelayanan kesehatan; memahami perilaku pasien; kelompok risiko dan masyarakat; sejarah perkembangan komunikasi kesehatan; peran komunikator dalam bidang kesehatan; serta memilih media, pesan di dalam komunikasi kesehatan; Selanjutnya akan dibahas juga mengenai audiens dalam komunikasi kesehatan; komunikasi efektif dalam peningkatan kualitas pelayanan; strategi interpersonal efektif dalam komunikasi kesehatan; perencanaan komunikasi kesehatan yang efektif; serta iklan dan komunikasi kesehatan.

Full text

 

Metrics

  • visibility 791 views
  • get_app 0 downloads