Metrics

  • visibility 135 views
  • get_app 0 downloads
description Book public Widina Bhakti Persada Bandung

MANAJEMEN PROYEK RUMAH SAKIT

Anis Masyruroh, Iroh Rahmawati
Published 6 April 2021

Abstract

Pembangunan kesehatan merupakan upaya memenuhi salah satu hak dasar rakyat, yaitu hak memperoleh pelayanan kesehatan sesuai dengan Undang-Undang Dasar 1945 pasal 28 H ayat (1) dan Undang-Undang nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan. Pembangunan kesehatan harus dipandang sebagai suatu investasi untuk meningkatkan kualitas sumber daya manusia, antara lain diukur dengan Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Dalam pengukuran IPM, kesehatan adalah salah satu komponen utama selain pendidikan dan pendapatan. Kesehatan juga merupakan investasi untuk mendukung pembangunan ekonomi serta memiliki peran penting dalam upaya penanggulangan kemiskinan. Dalam pelaksanaan pembangunan kesehatan dibutuhkan perubahan cara pandang (mindset) dari paradigma sakit ke paradigma sehat. Tujuan pembangunan kesehatan yang dirumuskan oleh Kementerian Kesehatan Republik Indonesia adalah terselenggaranya pembangunan kesehatan secara berhasil guna dan berdaya guna dalam rangka mencapai derajat kesehatan masyarakat yang setinggi-tingginya. Untuk menjamin tercapainya tujuan pembangunan kesehatan, diperlukan dukungan sistem kesehatan nasional yang menjadi acuan dalam penyusunan Garis Besar Haluan Negara (GBHN) Bidang Kesehatan, Undang-Undang nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan juga sebagai acuan dalam penyusunan berbagai kebijakan, pedoman dan arah pelaksanaan pembangunan kesehatan. Undang-undang tersebut di atas sangat berpengaruh terhadap pelaksanaan pembangunan termasuk pembangunan kesehatan. Hal ini merupakan peluang bagi institusi kesehatan untuk berkiprah dalam pembangunan kesehatan tersebut.

Pembangunan kesehatan diharapkan dapat meningkatkan mutu dan kemudahan dalam memperoleh pelayanan kesehatan bagi masyarakat. Mutu pelayanan sangat di pengaruhi oleh kualitas, sarana fisik, sumber daya manusia yang tersedia, sarana penunjang proses pelayanan dan kompensasi yang di terima serta harapan masyarakat pengguna jasa rumah sakit. Maka untuk menunjang pelayanan kesehatan yang bermutu perlu adanya proses pembangunan Rumah Sakit serta manajemen rumah sakit yang bermutu pula.

Manajemen proyek adalah sebuah disiplin keilmuan dalam hal perencanaan, pengorganisasian, pengelolaan (menjalankan serta pengendalian), untuk dapat mencapai tujuan-tujuan proyek. Dalam buku ini mengulas tentang pelaksanaan manajemen proyek, prosedur dokumen perencanaan, dan tenaga ahli yang dibutuhkan dalam penyusunan rumah sakit, tapi isi dari percontohan dalam buku ini adalah sebuah gambaran persiapan untuk dapat melaksanakan proyek bangunan terutama proyek pembangunan rumah sakit. Pembahasan yang lebih mendetail yang terdapat di dalam buku ini adalah teori dan tahapan tentang penyusunan studi kelayakan, master plan, DED (Design Engineering Detail), AMDAL, Analisis Dampak Lalu lintas,Kajian Hidrologi, Kajian Geologi (Hidrolistrik), Manajemen Keuangan Rumah Sakit,dan Akuntansi Rumah Sakit.

Full text

 

Metrics

  • visibility 135 views
  • get_app 0 downloads