PENGANTAR ILMU POLITIK
November 19, 2022
Muhammad Muthahari Ramadhani, Andi Hartati, Firzhal Arzhi Jiwantara, Ade Putra Ode Amane, Ricky Santoso Muharam + 8 more authors

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
Abstract

Pengantar Ilmu Politik, mengantarkan para pelajar pada pemahaman dasar ilmu politik, sehingga para pelajar memahami pengertian dasar, konsep dasar, ruang lingkup bahasan, mendefinisikan peristiwa politik, dan memahami manfaat pembelajaran ilmu politik. Dimulai dari pemahaman umum, apa itu Politik, para pelajar diajak untuk berpikir tentang hakikat ilmu politik, manusia, yang dalam keseharian kehidupannya, tak lepas dari peristiwa politik, mereka terlibat langsung dalam kegiatan politik. Karena itulah, tidak ada alasan untuk tidak belajar ilmu politik. Dalam pemahaman berikutnya, para pelajar diajak berpikir dan mendiskusikan, apa itu Ilmu Politik, apa saja yang dipelajari, mengapa ilmu politik Ada, bagaimana Ilmu Politik Dibangun.

Pembahasan berlanjut, dari hal-hal yang biasa diamati mahasiswa sehari-hari, yang dapat dikategorikan dan didefinisikan sebagai kegiatan dan peristiwa politik, yakni yang kira-kira dapat dianggap sebagai Objek Kajian ilmu politik (landasan Ontologis ilmu politik), ke hal-hal yang bersifat substansial dari mana dan bagaimana ilmu politik Dibangun (landasan Epistemologis ilmu politik). Disinilah para pelajar dikenalkan dengan dasar-dasar Filsafat Politik, Pemikiran Politik, Ideologi. Politik, dan mendiskusikannya serta menariknya ke ranah kontekstual kekinian, yakni tentang bagaimana kira-kira filsafat, pemikiran dan ideologi dan teori politik tersebut dapat menjelaskan peristiwa-peristiwa politik. Dalam kaitan ini para pelajar juga diperkenalkan pada Pendekatan yang digunakan untuk mempelajari ilmu politik, Konsep Dasar ilmu politik dan Asumsi Dasar ilmu politik. Dilanjutkan dengan membahas sub-sub materi bahasan ilmu politik, seperti: negara, pemerintahan, birokrasi, kebijakan publik, civil society, sistem kepartaian, pemilu, kepemimpinan politik, konflik, perilaku, partisipasi politik, sistem politik, pembangunan politik, politik global, hubungan internasional, para pelajar diajak dalam pemikiran tentang manfaat pembelajaran ilmu politik, hingga secara aplikatif-kontekstual.

Inilah landasan Aksiologis ilmu politik. Ilmu politik bukanlah ilmu yang berhenti di angkasa, melainkan merupakan Ilmu yang dilandaskan atas Metode ilmiah, dan dapat digunakan. Menilik keluasan spektrum kajian ilmu politik, para pelajar dipersilakan untuk mencoba memikirkan dan mencontohkan jangkauan peristiwa, kajian ilmu politik, yang kemudian disinkronkan dengan metode brainstorming dan diskusi, untuk dideskripsikan secara sistematis, ke dalam beberapa pembahasan kelas.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
PENDIDIKAN KARAKTER
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads