Metrics

  • visibility 0 views
  • get_app 0 downloads
description Book public Widina Bhakti Persada Bandung

OPTIMALISASI DESA WISATA UNTUK MENINGKATKAN KESEJAHTERAAN MASYARAKAT

Made Dian Putri Agustina
Published 29 March 2021

Abstract

Kehadiran pariwisata terbukti memberikan dampak bagi pembentukan kesejahteraan masyarakat di Kabupaten Badung. Meskipun demikian ternyata masih ada daerah-daerah di Kabupaten Badung yang penduduknya miskin terutama di daerah Badung Utara. Desa wisata menjadi salah satu verifikasi daerah tujuan wisatawan yang dapat disajikan dalam rangka memantapkan pertumbuhan pariwisata di Kabupaten Badung serta upaya untuk peningkatan peran desa wisata sebagai wilayah konservasi Badung Utara yang dapat mengejar ketertinggalan dalam pendapatan per kapita dibandingkan Badung Selatan sebagai peluang dalam membangun percepatan kesejahteraan masyarakat.

Untuk mewujudkan kualitas destinasi maka diperlukan peran pemerintah, partisipasi masyarakat dan modal sosial. Desa wisata agar tetap berkelanjutan dalam persaingan destinasi yang semakin tajam, harus terus berbenah dan berusaha untuk meningkatkan kualitasnya. Hal tersebut menjadi keniscayaan dalam upaya mewujudkan pembangunan pariwisata yang tidak saja mampu memberikan kesejahteraan kepada masyarakat lokal, namun juga kepada para pelaku usaha, dan terutama dapat memberikan kepuasan kepada wisatawan tanpa mengabaikan kualitas lingkungan.

Hal ini dapat terwujud apabila adanya sinergi antar stakeholder. Peningkatan kualitas destinasi tidak terlepas dari peran pemerintah dan partisipasi masyarakat serta modal sosial yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri. Untuk itu peran pemerintah dalam pembangunan kepariwisataan akan sia-sia tanpa dukungan masyarakat lokal dalam bentuk partisipasi yang mereka lakukan serta modal sosial yang kuat dalam pembangunan kepariwisataan di wilayahnya.

Full text

 

Metrics

  • visibility 0 views
  • get_app 0 downloads