Metrics

  • visibility 14 views
  • get_app 22 downloads
description Book public Widina Bhakti Persada Bandung

MANAJEMEN PERBANKAN (Sebuah Tinjauan Teori dan Praktis)

Muchtar Anshary Hamid Labetubun, Esther Kembauw, Supiah Ningsih, Surya Putra, Siti Epa Hardiyanti, 10 more
Published 8 January 2021

Abstract

Sistem keuangan pada dasarnya adalah tatanan dalam perekonomian suatu Negara yang memiliki peran terutama dalam menyediakan fasilitas jasa-jasa di bidang keuangan oleh lembaga-lembaga keuangan dan lembaga-lembaga penunjang lainnya. Sistem keuangan Indonesia pada prinsipnya dapat dibedakan dalam dua jenis, yaitu sistem perbankan dan sistem lembaga keuangan bukan bank.

Lembaga keuangan yang masuk dalam sistem perbankan, yaitu lembaga keuangan yang berdasarkan peraturan perundang-undangan dapat menghimpun dana dari masyarakat dalam bentuk simpanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit atau bentuk-bentuk lainnya dan dalam kegiatannya memberikan jasa dalam lalu lintas pembayaran, karena lembaga keuangan ini dapat menerima simpanan dari masyarakat, maka juga disebut depository financial institutions, yang terdiri dari Bank Umum dan Bank Perkreditan Rakyat. Sistem perbankan mengalami perubahan yang cukup prinsipil terutama setelah di undangkannya Undang-Undang Nomor 7 Tahun 1992 sebagaimana telah diubah dengan Undang-Undang Nomor 10 Tahun 1998 sebagai pengganti Undang-Undang Nomor 14 Tahun 1967.

Dalam buku ini memuat bahasan mengenai fungsi dan peranan bank indonesia dan bank umum, produk perbankan kemudian penjelasan tentang bank, manajemen aktiva dan passiva, manajemen likuiditas bank kemudian di lanjutkan dengan bahasan mengenai manajemen kredit, analisa penyaluran kredit, manajemen pemasaran bank, manajemen jasa bank, merger bank, manajemen bank syariah dan perbankan internasional, manajemen risiko bank serta laporan dan analisa laporan keuangan.

Full text

 

Metrics

  • visibility 14 views
  • get_app 22 downloads