Metrics

  • visibility 2022 views
  • get_app 460 downloads
description Book public Widina Bhakti Persada Bandung

SOSIOLOGI KOMUNIKASI

Novia Ruth Silaen, Gede Nyoman Wiratanaya, Amalia Mustika, Wahyu Setya Ratri, Ikhfan Haris, 12 more
Published 24 October 2020

Abstract

Sosiologi komunikasi merupakan kajian ilmu yang membahas tentang pengaruh interaksi antar individu dan perubahan pola hidup beserta dampak yang diberikan. Selanjutnya sosiologi komunikasi memperhatikan beberapa persoalan penting mencakup interaksi komunikasi dalam masyarakat baik secara individu maupun kelompok, komunikasi secara langsung ataupun menggunakan teknologi komunikasi.

Kajian sosiologi Komunikasi itu sendiri merupakan perspektif yang sudah lama ada, akan tetapi di Indonesia sendiri kajian ini baru mendapat perhatian serius sekitar sepuluh tahun terakhir karena didesak oleh kelahiran berbagai media massa dan perkembangan teknologi komunikasi yang semakin pesat. Berkembangnya jaman dan teknologi informasi ini cukup memberikan dampak dan perubahan yang sangat besar di dalam kehidupan masyarakat sekaligus membawa perubahan serta kompleksitas dalam kajian sosiologi komunikasi.

oleh karena itu terdapat beberapa permasalahan komunikasi ketika dihadapkan dengan perkembangan teknologi yang ada, yakni pemikiran dan arah komunikasi yang mengarah kepada logika-logika teknologi dan budayanya. Bahkan Seringkali masyarakat saat ini cenderung terbentuk karena akibat adanya teknologi yang mapan dan tidak konvensional, artinya masyarakat cenderung berkembang dan terbentuk ke arah masyarakat cyber, atau jika meminjam istilahnya Mashal McLuhan tentang Global Vilage yang menggambarkan sebuah masyarakat dunia yang semakin terhubung layaknya sebuah masyarakat di pedesaan.

Full text

 

Metrics

  • visibility 2022 views
  • get_app 460 downloads