MANAJEMEN PEMASARAN PENDIDIKAN

Opan Arifudin • Rahman Tanjung • Ifah Khadijah • Acai Sudirman • Rayinda Eva Rahmah 5 more
Book Widina Bhakti Persada Bandung • May 2020

Download full text
(Bahasa Indonesia)

Abstract

Persaingan antar lembaga pendidikan saat ini semakin atraktif dan kompetitif, oleh karena itu diperlukan aktivitas pemasaran dalam rangka membangun citra positif dan menarik minat masyarakat. Apabila lembaga pendidikan tersebut berhasil melakuan aktivitas pemasarannya, maka besar kemungkinan akan lebih mudah dalam mengatasi persaingan. Jadi, pemasaran merupakan suatu proses yang harus dilakukan oleh lembaga pendidikan untuk memberikan kepuasan pada stakeholder dan masyarakat. Penekanan kepada pemberian kepuasan kepada stakeholder merupakan hal yang harus dilakukan oleh setiap lembaga pendidikan agar mampu bersaing.

Pemasaran tersebut dapat dilihat dari adanya berbagai upaya kreatif dan inovatif dari para penyelenggara pendidikan untuk menggali keunikan dan keunggulan dari sekolahnya agar semakin dibutuhkan dan diminati oleh para pengguna jasa pendidikan. Untuk menarik calon peserta didik diperlukan strategi pemasaran yang bukan saja menjual jasa pendidikan secara apa danya melainkan bagaimana mendekatkan pendekatan sesuai dengan keinginan dan kepuasan konsumen. Sebuah lembaga yang ingin sukses untuk masa depan dalam menghadapi persaingan, harus mempraktekkan pemasaran secara terus menerus.

Tujuan pemasaran dalam pendidikan itu sendiri antara lain: memberi informasi kepada masyarakat tentang produk-produk lembaga pendidikan,meningkatkan minat dan ketertarikan masyarakat pada produk lembaga pendidikan,membedakan produk lembaga pendidikan dengan lembaga pendidikan yang lain,memberikan penilaian lebih pada masyarakat dengan produk yang ditawarkan, dan menstabilkan eksisensi dan kebermaknaan lembaga pendidikan di masyarakat.

Metrics

  • 79 views
  • 87 downloads

Publisher

Widina Bhakti Persada Bandung

Penerbit Widina Adalah penerbit berbadan Hukum yang tercatat di perpustakaan nasional sebagai pen... see more