BUNGA RAMPAI PENDIDIKAN PANCASILA
Листопад 10, 2023
Sri Rahayu Pudjiastuti, Herinto Sidik Iriansyah, Fatimah Fatimah, Marini Marini, Sarbaini Sarbaini + 6 more authors

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
BUNGA RAMPAI PENDIDIKAN PANCASILA Image
Abstract

Pancasila merupakan ideologi, dasar Negara, pandangan hidup bangsa dan dasar falsafah bangsa Negara. Pancasila lahir melalui refleksi pemikiran yang cerdas dan buah dari perenungan yang mendalam serta adu argumentasi bijaksana oleh pendiri bangsa dan Negara Indonesia. Pancasila hadir ditengah rakyat Indonesia dengan tujuan menjadi acuan rakyat Indonesia dalam berkehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara
Dalam kehidupan berbangsa dan bernegara, diakui bahwa nilai-nilai Pancasila adalah pandangan hidup (filsafat hidup) yang berkembang dalam sosio-budaya Indonesia. Nilai Pancasila dianggap nilai dasar dan puncak budaya bangsa sebagai hasil perenungan/pemikiran yang sangat mendalam. Oleh karena itu, nilai tersebut diyakini sebagai jiwa bangsa (volgeist), kepribadian, dan jati diri bangsa. Sedemikian mendasarnya nilai itu dalam menjiwai dan memberikan watak (kepribadian, identitas) bangsa sehingga pengakuan atas kedudukan Pancasila sebagai filsafat bangsa adalah wajar.
Pendidikan Pancasila secara filosofis sangat logis dan strategis sebagai landasan untuk mengkaji, mengembangkan, melaksanakan, dan mengamalkan nilai-nilai fisiologis bangsa. Dengan demikian nilai-nilai Pancasila yang bersifat abstrak akan lebih memiliki peluang untuk dikonkretkan dalam kehidupan berbangsa dan bernegara Indonesia. Konkretisasi dari nilai-nilai Pancasila tersebut nantinya akan mewujudkan norma etik dan norma hukum bernegara.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
KIMIA MATERIAL
KIMIA MATERIAL Image
KEBIJAKAN PROGRAM SUBSIDI BBM
KEBIJAKAN PROGRAM SUBSIDI BBM Image
ALGORITMA PEMROGRAMAN
ALGORITMA PEMROGRAMAN Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads