HAK DAN KEPEMILIKAN RUMAH SUSUN PERSPEKTIF UNDANG-UNDANG NOMOR 20 TAHUN 2011
Травень 31, 2023
James Yoseph Palenewen

Metrics

  • Eye Icon 1 view
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 1 view  //  0 downloads
HAK DAN KEPEMILIKAN RUMAH SUSUN PERSPEKTIF UNDANG\u002DUNDANG NOMOR 20 TAHUN 2011 Image
Abstract

Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945, Pasal 28H ayat (1) menegaskan bahwa setiap orang berhak hidup sejahtera, lahir dan batin, bertempat tinggal, dan mendapatkan lingkungan hidup yang baik dan sehat. Tempat tinggal mempunyai peran strategis dalam pembentukan watak dan kepribadian bangsa serta sebagai salah satu upaya membangun manusia Indonesia seutuhnya, berjati diri, mandiri, dan produktif. Oleh karena itu, hak akan tempat tinggal dalam bentuk rumah yang layak dan terjangkau.

Rumah susun adalah bangunan gedung bertingkat yang dibangun dalam suatu lingkungan yang terbagi dalam bagian-bagian yang distrukturkan secara fungsional, baik dalam arah horizontal maupun vertikal dan merupakan satuan-satuan yang masing-masing dapat dimiliki dan digunakan secara terpisah, terutama untuk tempat hunian yang dilengkapi dengan bagian bersama, benda bersama, dan tanah bersama.

Pemenuhan hak atas rumah merupakan masalah nasional yang dampaknya sangat dirasakan diseluruh wilayah tanah air. Hal ini dapat dilihat dari masih banyaknya masyarakat berpenghasilan rendah (di singkat MBR) yang belum dapat menghuni rumah yang layak, khususnya diperkotaan yang mengakibatkan terbentuknya kawasan kumuh pemenuhan kebutuhan perumahan tersebut salah satunya dapat dilakukan melalui pembangunan Rumah Susun sebagai bagian dari pembangunan perumahan mengingat keterbatasan lahan di perkotaan. Pembangunan rumah susun diharapkan mampu mendorong pembangunan perkotaan yang sekaligus menjadi solusi peningkatan kualitas pemukiman.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
Sistem Pendukung Keputusan Multi Kriteria (Untuk Bidang Kelautan Dan Perikanan)
Sistem Pendukung Keputusan Multi Kriteria (Untuk Bidang Kelautan Dan Perikanan) Image
PRAKTIK DAN PENGEMBANGAN ENTREPRENEURSHIP
PRAKTIK DAN PENGEMBANGAN ENTREPRENEURSHIP Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 1 view
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 1 view  //  0 downloads