MENGENAL METABOLIK SINDROM DIABETES MELLITUS
Вересень 30, 2022
Nuroh Najmi, Winny Yohana

Metrics

  • Eye Icon 25 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 25 views  //  0 downloads
MENGENAL METABOLIK SINDROM DIABETES MELLITUS Image
Abstract

Sindrom metabolik merupakan sekelompok gangguan kesehatan yang terjadi secara bersamaan. Sindrom ini dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit jantung koroner, serangan jantung, diabetes tipe 2, dan stroke.
Seseorang dikatakan menderita sindrom metabolik jika mengalami sedikitnya tiga dari lima kondisi, yaitu hipertensi (tekanan darah tinggi), kadar HDL rendah (dislipidemia), kadar trigliserida tinggi, kadar gula darah tinggi atau prediabetes, dan obesitas dengan penumpukan lemak di perut. Sindrom metabolik dapat meningkatkan risiko terjadinya penyakit berat. Namun, perkembangan sindrom metabolik dapat dicegah dengan mengendalikan faktor-faktor yang menyebabkan lima kondisi tersebut, yaitu dengan menerapkan pola hidup sehat setiap hari.
Penyebab sindrom metabolik belum diketahui secara pasti. Namun, sindrom ini diduga dipengaruhi oleh penurunan sensitivitas tubuh terhadap hormon insulin, yaitu hormon yang menurunkan kadar gula dalam darah. Pada kondisi tersebut, efektivitas hormon insulin menjadi menurun. Karena sindrom metabolik merupakan suatu kelompok penyakit, maka metode pengobatannya adalah dengan mengobati masing-masing penyakit tersebut. Pengobatan bertujuan untuk menurunkan risiko penyakit jantung dan pembuluh darah. Sindrom metabolik dapat menyebabkan komplikasi serius, seperti stroke atau penyakit jantung. Kedua komplikasi tersebut dipicu oleh proses aterosklerosis atau penumpukan plak di pembuluh darah. Aterosklerosis membuat pembuluh darah menyempit dan mengeras sehingga tersumbat. Sindrom metabolik dapat dicegah dengan menjalani gaya hidup sehat. Hal-hal yang dapat dilakukan adalah: Berolahraga minimal 30 menit setiap hari, Mempertahankan berat badan ideal, Memperbanyak konsumsi buah dan sayur, Membatasi asupan garam dan lemak jenuh, Berhenti merokok. Maka dari itu segala yg dibutuhkan telah tersaji dalam buku ini, penting bagai pembaca untuk mengetahui semuanya isi dalam buku ini.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
MODEL LATIHAN CORE STABILITY EXERCISE DI ERA DIGITAL
MODEL LATIHAN CORE STABILITY EXERCISE  DI ERA DIGITAL Image
PENGANTAR MANAJEMEN
PENGANTAR MANAJEMEN Image
ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR STRATEGI MENGGUGAH SEMANGAT
ORGANIZATIONAL CITIZENSHIP BEHAVIOR STRATEGI MENGGUGAH SEMANGAT Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 25 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 25 views  //  0 downloads