MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS)
Вересень 30, 2022
Bernadetha Nadeak

Metrics

  • Eye Icon 11909 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 11909 views  //  0 downloads
MANAJEMEN BERBASIS SEKOLAH (MBS) Image
Abstract

Manajemen berbasis sekolah atau sering disingkat MBS merupakan bentuk otonomi manajemen pendidikan pada satuan pendidikan, yang dalam hal ini kepala sekolah dan guru dibantu oleh komite sekolah dalam mengelola kegiatan pendidikan (UU No. 20 Tahun 2003 Pasal 51 Ayat 1 Tentang Sistem Pendidikan Nasional).

Program ini diterapkan untuk meningkatkan kualitas pendidikan secara umum. Manajemen berbasis sekolah merupakan hasil terjemahan dari School Based Management (SBM) adalah suatu pendekatan politik yang bertujuan untuk merancang kembali pengelolaan sekolah dengan memberikan kekuasaan kepada Kepala Sekolah dalam upaya perbaikan kinerja sekolah yang mencakup guru, siswa, kepala sekolah dan meningkatkan partisipasi masyarakat. Program ini diterapkan dengan memberdayakan seluruh potensi dan stakeholder sekolah sesuai kebijakan pemerintah. Oleh karena itu, MBS sangat penting untuk dipahami oleh guru, tenaga kependidikan, serta komite sekolah.

Manajemen berbasis sekolah merupakan model penyelenggaraan pendidikan yang memberikan keleluasaan kepada sekolah untuk menyusun dan melaksanakan program pendidikan di sekolah sesuai dengan kebutuhannya melalui pemberdayaan sumber-sumber daya yang ada termasuk partisipasi masyarakat sehingga lebih mencerminkan adanya upaya peningkatan pemberian pelayanan penyelenggaraan pendidikan secara demokratis, transparan dan akuntabel secara nyata untuk mencapai tujuan pendidikan yang lebih efisien dan efektif tanpa mengesampingkan tujuan Pendidikan Nasional.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
PERILAKU ORGANISASIONAL
PERILAKU ORGANISASIONAL Image
MANAJEMEN RANTAI PASOK
MANAJEMEN RANTAI PASOK Image
FISIOLOGI TUMBUHAN
FISIOLOGI TUMBUHAN Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 11938 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 11938 views  //  0 downloads