ETIKA BISNIS DALAM ISLAM
Червень 11, 2022
Nandang Ihwanudin, Ria Aulia Silvianty, Mohamad Rizky Marwan, Tri Wachyuni Rahayu, Risyad Muhammad Ikmal + 9 more authors

Metrics

  • Eye Icon 1645 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 1645 views  //  0 downloads
ETIKA BISNIS DALAM ISLAM Image
Abstract

Islam adalah agama yang mengajarkan, menganjurkan, dan menjamin kemaslahatan dan kebaikan dunia dan akhirat. Allah SWT berfirman dalam QS. 2: 201: “Dan di antara mereka ada yang berdoa, "Ya Tuhan kami, berilah kami kebaikan di dunia dan kebaikan di akhirat, dan lindungilah kami dari azab neraka.” Kemaslahatan atau kemanfaatan duniawi dan ukhrawi ini online dalam bidang bisnis atau usaha umat manusia dalam mencari keuntungan atau al-falah.

Agar al-falah ini diraih, maka kegiatan bisnis dalam Islam harus sesuai dengan hukum dan etikanya. Dalam buku yang relevan dibaca oleh praktisi ekonomi dan bisnis, para akademisi, mahasiswa jenjang sarjana dan pascasarjana ini, disajikan aturan etika atau akhlak bisnis islami sebagai berikut: Islam dan etika bisnis, pendekatan pengelolaan bisnis ala Rasulullah SAW, pengelolaan bisnis syariah, kerja dalam perspektif Islam, ciri etos kerja Islami, etos kerja wirausahawan muslim, spirit kewirausahaan dalam al-Quran dan Hadits, teladan kewirausahaan Nabi, Etika kerja, prinsip etis dalam bekerja, hak dan kewajiban pekerja, perjanjian kerja dalam islam, perjanjian kerja tenaga medis dan tenaga kesehatan di Rumah Sakit, Regulasi perlindungan di dunia kerja, diskursus UU Ciptaker, ketenagakerjaan dalam Islam, Tanggung jawab pemerintah dalam mewujudkan kesejahteraan pekerja, Solusi Islam untuk pekerja dan pengusaha, etika kerja dalam dunia agribisnis, Penerapan etika bisnis (studi kasus), Perempuan, anak di bawah umur, dan kaum difabel dalam ketenagakerjaan perspektif Islam, Penerapan bisnis Islami dalam pemberian Reward and Punishment, konsep halalan thayyiban dan berkah sebagai top mind muslim dalam bisnis Islami, reward pekerjaan dan bisnis yang dilarang Islam, serta kepemilikan dan distribusi kekayaan dalam hukum dan etika Islam.

Dengan buku ini, diharapkan keberkahan dari langit dan bumi hadir di tengah-tengah para pihak yang beririsan dengan bisnis. Ekonomi dan bisnis halal thayyiban dan berkah menjadi gaya hidup umat Islam dan umat manusia. Yang pada gilirannya al-falah (keuntungan dunia akhirat) diraih sehingga para pemangku kebijakan bisnis islami kelak disejajarkan dengan para Nabi, shiddiqin dan syuhada.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
METODOLOGI KEPERAWATAN
METODOLOGI KEPERAWATAN Image
HAK ASASI MANUSIA DAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (BUKU AJAR)
HAK ASASI MANUSIA DAN PENDIDIKAN MULTIKULTURAL (BUKU AJAR) Image
KONSEP DASAR DAN APLIKASI ROBOTIKA INDUSTRIAL MANUFAKTUR 4.0
KONSEP DASAR DAN APLIKASI ROBOTIKA INDUSTRIAL MANUFAKTUR 4.0 Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 1645 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 1645 views  //  0 downloads