PERUBAHAN DAN PENGEMBANGAN ORGANISASI
Березень 28, 2022
Arya Darmawan Setyaji, Cahya Ihsania, Devi Permatasari, Eka Kurnia Sari, Herni Siska Septiana + 10 more authors

Metrics

  • Eye Icon 7685 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 7685 views  //  0 downloads
PERUBAHAN DAN PENGEMBANGAN ORGANISASI Image
Abstract

Perubahan dan pengembangan organisasi adalah keniscayaan, hanya yang mau berubah dan berkembanglah yang mampu beradaptasi, bersaing, memenangkan persaingan, bertahan dan sustainable (berkelanjutan). Perubahan dan pengembangan dipengaruhi faktor internal dan external, kedua foktor tersebut saling mempengaruhi. Faktor external lebih bersifat pemicu sedangkan faktor internal lebih bersifat merespon, sehingga terjadi perubahan dan pengembangan kearah yang lebih baik.
Meski dalam setiap perubahan dan pengembangan tidak selalu berjalan mulus, karena selalu ada saja kendala. Untuk itu diperlukan seni untuk meyakinkan semua stake holder bahwa perubahan dan pengembangan itu untuk menjadi lebih baik. Apa bila bertahan pada kondisi status quo, maka akan ditinggal oleh perubahan dan pengembangan yang justru akan merugikan.
Kesadaran semua stake holder akan pentingnya perubahan dan pengembangan adalah bagian dari keberhasilan perubahan dan pengembangan. Yang perlu dipersiapkan, dalam perubahan dan pengembangan adalah, meyakinkan bahwa perubahan dan pengembangan adalah penting dan kebutuhan, sasarannya harus jelas, didukung oleh SDM dan sumber daya lainnya yang berkualitas dan memadai, dikawal/ dimanaj dengan baik dan benar, dimonitor, dievaluasi secara berkala dan berlanjut.
Jangan menyerah apa bila menghadap kendala, karena hal tersebut sangat mungkin, namun terhadap kemajuan sekecil apapun keberhasilan berikan apresiasi, kalau perlu selebrasi, untuk memotivasi, bahwa perubahan dan pengembangan yang sedang dilakukan sudah on the track, dan perlu dilanjutkan dan di tingkatkan.
Berkomitmen terhadap Visi, Misi dan Strategi. Hindari rasa gengsi untuk meniru keberhasilan pihak lain, dan tidak perlu takut untuk mencoba, hadapi resiko sebagai pemicu dan penyemangat.
Buku ini tidak sekedar teoritis, tapi implementatif atas kondisi riil, yang dialami secara langsung oleh penulis, patut dibaca dan di praktekan secara langsung, bagaimana mengelola perubahan dan pengembangan untuk mencapai kondisi yang lebih baik. Kuncinya adalah, responsif, adaptif, kreatif dan inovatif. Jadikan masa lalu sebagai pijakan menuju masa depan yang lebih baik. Dengan semoyan “Hari ini harus lebih baik dari hari esok”, artinya untuk berbuat yang terbaik laksanakan sekarang juga jangan menunggu hari esok. Peluang bukan di tunggu tapi diciptakan. Kalau oraang lain bisa, kita harus lebih bisa. Siapapun berhak sukses, kegagalan hanya milik orang yang tidak mau sukses.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
MANAJEMEN PERBANKAN
MANAJEMEN PERBANKAN Image
MENGENAL METABOLIK SINDROM DIABETES MELLITUS
MENGENAL METABOLIK SINDROM DIABETES MELLITUS Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 7685 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 7685 views  //  0 downloads