MONOGRAF ANALISIS LOYALITAS MAHASISWA PADA PERGURUAN TINGGI
Жовтень 22, 2021
Heni Nastiti, Dahlia Pinem

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
MONOGRAF ANALISIS LOYALITAS MAHASISWA PADA PERGURUAN TINGGI Image
Abstract

Perguruan Tinggi (PT) memiliki tingkat kompetensi yang tinggi dalam bidang pendidikan, sehingga persaingan semakin ketat yang menjadi tantangan Perguruan Tinggi (PT) di Indonesia. Persaingan antar PT diantaranya dengan memberikan pelayanan yang terbaik untuk menarik minat, dimana hal ini dilakukan agar kelangsungan jalannya usaha dapat tercapai sesuai tujuan PT.
Dalam menghadapi era globalisasi dengan harapan memenuhi daya saing dapat dilalui dengan peningkatan kualitas dari Sumber Daya Manusia (SDM) melalui pendidikan, pelayanan yang diberikan oleh Lembaga Pendidikan memiliki kesamaan dengan prinsip ekonomi. Suatu Perguruan Tinggi (PT) mengembangkan pelayanan Pendidikan dengan tujuan untuk bersaing dengan Perguruan tinggi lainnya baik dalam negeri ataupun luar negeri. Mencerdaskan kehidupan bangsa merupakan salah satu tujuan yang dibangun oleh Perguruan Tinggi (PT) secara terencana, selain itu Perguruan Tinggi (PT) juga memiliki tujuan untuk mengembangkan potensi para peserta didik melalui kenyamanan suasana belajar dan juga memiliki keterampilan yang berguna bagi masyarakat, kecerdasan akhlak mulia, pengendalian diri, dan kekuatan spiritual keagamaan serta kekuatan bela negara.
PTN dan PTS bisa menjadi penentu keberhasilan bagi Negara agar mampu di era saat ini. Pendidikan Tinggi sebagai media dalam pengembangan SDM baik dalam bidang akademik atau profesionalisnya agar memiliki daya saing.
Suatu pendapat bahwa Negara yang kuat akan menguasai ekonomi, hal ini berdasarkan perkembangan era knowledge based economy yang memiliki arti sistem ekonomi secara global sesuai kaedah-kaedah ilmu pengetahuan dan teknologi. Dengan kata lain, Negara yang mempunyai SDM unggul atau menguasai bidang pengetahuan dan juga teknologi akan mampu bersaing dengan negara lain.
Suatu Perguruan Tinggi (PT) dapat menciptakan image bahwa Perguruan Tinggi (PT) merekalah menjadi unggulan, karena masyarakat mengenal Perguruan Tinggi (PT) bisa memberikan pelayanan terbaik untuk mahasiswa-mahasiswanya dan juga prestasi yang kualitas dari Perguruan Tinggi (PT) tersebut. Karena image atau citra tersebut membuat lulusan Perguruan Tinggi (PT) tersebut miliki daya tarik bagi dunia bisnis.
Loyalitas mahasiswa adalah akibat yang dihasilkan ketika mahasiswa merasa puas dengan pelayanan yang telah diberikan dan merupakan salah satu bentuk keberhasilan dari Perguruan Tinggi (PT). Setiap perguruan tinggi selalu berupaya untuk memenuhi kinerja dosen dan kemampuan yang dimiliki pegawai dan meningkatkan kualitas dari pelayanan yang ada dengan tujuan untuk meningkatkan kepuasan dari mahasiswa.
Berdasarkan hasil pengumpulan data, pengolahan data , analisis dan uji hipotesis dan model persamaan jalur diperoleh hasil sub struktur - 1 berpengaruh signifikan untuk kapabilitas karyawan sebesar 50,10%, kinerja dosen sebesar 38,30% dan secara bersama-sama sebesar 65,40%. Sedangkan sub struktur -2 pengaruh kapabilitas karyawan sebesar 13,70%, kinerja dosen sebesar 30,90% dan kepuasan mahasiswa sebesar 21,90% dan secara bersama-sama sebesar 36,10% artinya bahwa secara individual dan bersama-sama variabel kapabilitas karyawan dan kinerja dosen masih harus ditingkatkan, sehingga akan meningkatkan kepuasan dan loyalitas mahasiswa Pada Perguruan Tinggi (PT)
Disarankan untuk melakukan penelitian lanjutan tentang pengaruh kepuasan mahasiswa dan loyalitas diluar variabel kapabilitas karyawan dan kinerja dosen Pada Perguruan Tinggi (PT)

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
GEGURITAN TAMTAM (Kajian Nilai Pendidikan Agama Hindu)
GEGURITAN TAMTAM (Kajian Nilai Pendidikan Agama Hindu) Image
REVOLUSI IoT: MENGOPTIMALKAN TEKNOLOGI UNTUK MASA DEPAN CERDAS
REVOLUSI IoT: MENGOPTIMALKAN TEKNOLOGI UNTUK MASA DEPAN CERDAS Image
METODE PENELITIAN KUANTITATIF (TEORI, METODE DAN PRAKTIK)
METODE PENELITIAN KUANTITATIF (TEORI, METODE DAN PRAKTIK) Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads