PEMBELAJARAN ERA MERDEKA BELAJAR (PARAMETER KURIKULUM PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN, MEDIA PEMBELAJARAN, INSTRUMENT PEMBELAJARAN DAN RANCANGAN PEMBELAJARAN ERA MERDEKA BELAJAR)
Июль 17, 2023
Ni Putu Kusuma Widiastuti

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
PEMBELAJARAN ERA MERDEKA BELAJAR (PARAMETER KURIKULUM PEMBELAJARAN, MODEL PEMBELAJARAN,  MEDIA PEMBELAJARAN, INSTRUMENT PEMBELAJARAN DAN RANCANGAN PEMBELAJARAN ERA MERDEKA BELAJAR) Image
Abstract

Modul ajar ialah salah satu jenis perangkat ajar dalam kurikulum merdeka. Modul ajar sekolah dapat mengunakan modul ajar yang telah disediakan oleh pemerintah, modul ajar dapat dipadankan dengan RPP Kurikulum Merdeka. Modul ajar dapat di katakan sebagai RPP Plus karena lebih lengkap dari RPP Konvensional. Satuan Pendidikan dapat mengembangkan modul ajar secara mandiri sehingga dapat di padankan sebagai RPP Kurikulum Merdeka, sekolah dapat menggunakan berbagai perangkat ajar termasuk modul ajar atau RPP dengan kelengkapan koponen dan format yang beragam sesuai kebutuhan peserta didik. Modul ajar disusun untuk memandu pendidik/guru dalam melaksanakan proses pembelajaran. Adapun komponen dalam modul ajar ditentukan oleh pendidik sesuai kebutuhan komponen dalam modul ajar. Pada dasarnya, merancang strategi penyusunan RPP dilakukan dengan prinsip backward thinking atau backward design. Backward thinking ialah cara berpikir mundur yang digunakan dalam merancang suatu desain. Dalam hal ini, berpikir mundur dilakukan dengan merumuskan rangkaian kegiatan belajar mulai kegiatan sebelum hasil akhir (tujuan, bukti dan asesmen) hingga kegiatan awal pembelajaran. Konsep mandiri terhadap proses belajarnya sendiri dijelaskan dalam konsep self regulated learning. Self regulated learning mengarah pada kemampuan kita dalam mengatur lingkungan belajar kita. Sehingga kita bisa mengatur tujuan, menetapkan strategi dan memantau perkembangan sesuai dengan tujuan yang kita harapkan. Pada kurikulum merdeka dalam membuat modul ajar, guru harus memenuhi beberapa komponen di dalamnya. Komponen modul ajar kurikulum merdeka bisa disesuaikan oleh pendidik sesuai dengan kebutuhan.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA
ALGORITMA DAN STRUKTUR DATA Image
TEORI PRODUKSI DAN BIAYA
TEORI PRODUKSI DAN BIAYA  Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads