Book chapter // CV WIDINA MEDIA UTAMA






Farmasi Rumah Sakit
Июль 13, 2020
Nurbaity Nurbaity, Syafika Alaydrus, Zulham Zulham, Citra Dewi, Hetty Ismainar + 4 more authors

Metrics

  • Eye Icon 644 views
  • Download Icon 479 downloads
Metrics Icon 644 views  //  479 downloads
Farmasi Rumah Sakit Image
Abstract

Instalasi farmasi rumah sakit merupakan suatu unit atau bagian yang menyelenggarakan kegiatan kefarmasian di rumah sakit yang dipimpin dan dimotori oleh farmasis. Kegiatan tersebut meliputi kegiatan farmasi non klinik (perencanaan, penetapan spesifikasi produk dan pemasok, pengadaan, pembelian, produksi, penyimpanan, pengemasan, distribusi perbekalan kesehatan lainnya yang beredar di rumah sakit) maupun kegiatan klinik (pemantauan dan evaluasi penggunaan obat, pelayanan farmasi di bangsal, pelayanan informasi obat, penelitian dan pengembangan dll), sehingga instalasi farmasi rumah sakit menjadi suatu bentuk organisasi produksi, pengembangan dan pelayanan jasa.

Dalam dekade terakhir, telah terjadi proses perubahan paradigma farmasi yang mendasar yaitu perubahan dari paradigma yang berorientasi pada produk (product oriented) menjadi paradigma yang tidak hanya berorientasi terhadap produk tetapi juga berorientasi pada pasien (patient oriented). Dalam terminologi patient oriented, peningkatan kualitas hidup pasien menjadi konsen bagi seorang farmasis, untuk itu farmasis dituntut untuk dapat memahami kompleksitas kesehatan masyarakat agar dapat berkontribusi positif.

Oleh karena itu buku ini membahas secara komprehensif tentang instalasi farmasi rumah sakit yang dilanjutkan dengan pembahasan tentang standar pelayanan kefarmasian, formularium rumah sakit, panitia farmasi dan terapi rumah sakit, distribusi persediaan farmasi di rumah sakit, "dapat, gunakan, simpan, buang" (dagusibu) dan asuhan kefarmasian (pharmaceutical care).

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 644 views
  • Download Icon 479 downloads
Metrics Icon 644 views  //  479 downloads