BUNGA RAMPAI MEMBANGUN NILAI-NILAI ANTI KORUPSI MELALUI PENDIDIKAN
September 1, 2024
I. Komang Sudarma, I. Made Tegeh, Dewa Gede Agus Putra Prabawa, Putu Aditya Antara, Made Vina Arie Paramitha + 1 more author

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
BUNGA RAMPAI MEMBANGUN NILAI\u002DNILAI ANTI KORUPSI MELALUI PENDIDIKAN Image
Abstract

Buku ini adalah sebuah karya yang menggugah untuk menciptakan masa depan yang lebih jujur dan bermartabat melalui sistem pendidikan yang kuat, menjelajahi berbagai strategi inovatif dalam pendidikan untuk membentuk karakter anti korupsi sejak dini. Dari desain pembelajaran simulasi sosial di sekolah hingga eksplorasi kearifan lokal dalam Paud Talk dan menawarkan pendekatan holistik yang berfokus pada pengalaman belajar yang mendalam dan relevan bagi siswa.
Salah satu poin penting yang disorot dalam buku ini adalah penggunaan media komik kreatif sebagai solusi untuk mengajarkan prinsip-prinsip anti korupsi kepada anak-anak di sekolah dasar. Pendekatan ini tidak hanya menyenangkan tetapi juga efektif dalam menyampaikan pesan moral dan etika yang penting. Selain itu, implementasi pembelajaran sosial emosional (SEL) di kelas juga dianalisis dalam buku ini, menunjukkan bagaimana pembelajaran tersebut dapat berdampak langsung pada pembentukan karakter anti korupsi siswa.
Buku ini juga menyoroti perlunya pencegahan korupsi di dunia pendidikan melalui berbagai metode dan strategi, termasuk integrasi nilai-nilai Pancasila dan filosofi Tri Kaya Parisudha dalam kurikulum pendidikan abad 21. Dengan fokus pada memperkuat integritas dan membangun karakter kuat melalui bahasa, debat dan pendekatan self-regulated, tetapi juga panggilan untuk mengubah paradigma pendidikan demi masa depan yang lebih baik dan lebih adil bagi generasi mendatang.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
CULTURAL LANDSCAPE: INSIGHTS FROM ENVIRONMENT, ECONOMY, POLICY, AND HEALTH
CULTURAL LANDSCAPE:  INSIGHTS FROM ENVIRONMENT, ECONOMY, POLICY, AND HEALTH Image
10 HARI MEMBANGUN ACUAN PERANCAH
10 HARI MEMBANGUN ACUAN PERANCAH Image
HISTOLOGI
HISTOLOGI Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads