STRATEGI PEMASARAN EFEKTIF DI INDUSTRI OTOMOTIF
July 8, 2024
Muhammad Rizal Imamuddin, Muhammad Fakhri Reza, Usep Suhud

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
STRATEGI PEMASARAN EFEKTIF DI INDUSTRI OTOMOTIF Image
Abstract

Buku ini membahas strategi pemasaran efektif dalam industri otomotif di Indonesia. Penjualan mobil nasional pada tahun 2023 mengalami penurunan sebesar 4% dibandingkan tahun sebelumnya. Astra, dengan merek-merek di bawah naungannya seperti Toyota dan Daihatsu, mendominasi pasar dengan pangsa sebesar 56%. Media massa dan media sosial diidentifikasi sebagai alat yang potensial dalam meningkatkan kesadaran merek, omset, dan branding perusahaan. Media massa mencakup televisi, surat kabar, dan radio, sedangkan media sosial mencakup platform seperti Facebook, Instagram, dan Twitter.

Industri otomotif mengalami perkembangan pesat sejak akhir abad ke-19 dengan penemuan mesin pembakaran internal. Perusahaan seperti Ford, General Motors, Chrysler, Toyota, dan Nissan memainkan peran penting dalam perkembangan ini. Industri otomotif juga mempengaruhi perekonomian global melalui penciptaan lapangan kerja dan pembangunan infrastruktur. Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) memiliki peran penting dalam pemasaran dan distribusi kendaraan di pasar lokal, serta memastikan standar kualitas yang tinggi dalam layanan pelanggan.

Industri otomotif menyediakan berbagai produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan konsumen. Penjualan mobil adalah inti dari industri ini, menawarkan berbagai jenis kendaraan untuk berbagai segmen pasar. Selain itu, layanan purna jual meliputi perawatan berkala, perbaikan, dan layanan darurat untuk memastikan kepuasan dan loyalitas pelanggan. Suku cadang asli juga disediakan untuk memastikan kendaraan tetap beroperasi dengan optimal dan aman.

Layanan finansial, seperti pembiayaan, leasing, dan asuransi kendaraan, membantu pelanggan dalam proses pembelian dan kepemilikan kendaraan. Jaringan bengkel resmi dengan teknisi bersertifikat menawarkan layanan pemeliharaan dan perbaikan untuk menjaga kinerja kendaraan. Selain itu, layanan darurat disediakan untuk memberikan bantuan segera bagi pelanggan yang mengalami masalah kendaraan di jalan.

Buku ini memberikan wawasan dan rekomendasi tentang bagaimana perusahaan otomotif dapat mengoptimalkan upaya pemasaran mereka dalam pasar yang semakin kompetitif. Dengan memanfaatkan media massa dan media sosial secara efektif, perusahaan dapat meningkatkan kesadaran merek dan omset, serta memperkuat posisi mereka di pasar.

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads