MANAJEMEN KEUANGAN SYARIAH (Konseptual, Landasan dan Praktik)
May 8, 2024
Alfi Rochmi, Nailin Nikmatul Maulidiyah, Ujang Alkaf, Dipa Teruna Awaludin, Iin Emy Prastiwi + 6 more authors

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
MANAJEMEN KEUANGAN SYARIAH (Konseptual, Landasan dan Praktik) Image
Abstract

Dalam dunia keuangan yang dinamis, "Manajemen Keuangan Syariah" muncul sebagai sumber pengetahuan esensial bagi mereka yang berkeinginan mengintegrasikan prinsip etika Islam dalam praktik manajemen keuangan mereka. Buku ini menyajikan gambaran menyeluruh mulai dari pengantar manajemen keuangan syariah hingga aplikasinya dalam berbagai sektor, dengan penekanan pada akuntansi, manajemen risiko, dan pembiayaan yang sesuai dengan syariah. Pembaca akan diajak mengeksplorasi inti dari prinsip keuangan Islam, yang tidak hanya mengedepankan keuntungan, tetapi juga keadilan sosial dan kesejahteraan bersama.

Melalui eksposisi yang terstruktur, buku ini menguraikan sumber pendanaan dalam ekonomi syariah, menganalisis risiko dalam konteks keuangan syariah, dan membahas tentang pengelolaan arus kas dan praktik akuntansi yang berprinsip syariah. Lebih dari itu, pembahasan mengenai manajemen keuangan rumah tangga dari perspektif syariah menambahkan dimensi aplikatif dan praktis yang relevan untuk individu dan keluarga. Tantangan dan peluang dalam manajemen keuangan syariah juga diungkapkan secara mendalam, memberikan perspektif realistis terhadap landscape keuangan global saat ini.

Dengan studi kasus yang membandingkan kinerja antara keuangan syariah dan konvensional, serta implementasi praktik-praktik ini pada institusi keuangan, buku ini tidak hanya berperan sebagai panduan akademis tetapi juga sebagai referensi praktis untuk para profesional di bidangnya. "Manajemen Keuangan Syariah" adalah karya penting yang mengajak pembaca untuk memperkaya pengetahuan dan meningkatkan pemahaman tentang keuangan yang beretika tinggi. Ideal bagi siapa saja yang berambisi menciptakan dampak positif melalui keuangan.

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads