METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF UNTUK ILMU SAINS
February 8, 2024
Ibnu Sina

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
METODOLOGI PENELITIAN KUALITATIF DAN KUANTITATIF UNTUK ILMU SAINS Image
Abstract

Metodologi penelitian adalah aspek krusial dalam merancang dan melaksanakan suatu penelitian. Metodologi penelitian dapat diartikan sebagai "struktur konseptual dan kerangka kerja untuk mengorganisir ide-ide yang memandu seluruh proses penelitian". Definisi ini menyoroti peran metodologi sebagai panduan konseptual yang memberikan struktur bagi seluruh proses penelitian, membantu peneliti merencanakan dan mengatur langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapai tujuan penelitian dengan terstruktur.

Metodologi penelitian tidak hanya sekadar proses, tetapi juga mencakup aspek ilmiah yang krusial. Menggambarkannya sebagai "cara ilmiah untuk mencari pemahaman terhadap suatu masalah atau jawaban terhadap suatu pertanyaan". Dengan kata lain, metodologi penelitian mewakili suatu pendekatan ilmiah yang terstruktur untuk menyelidiki masalah atau mencari jawaban terhadap pertanyaan penelitian. Penekanan pada pendekatan sistematik dalam penelitian ilmiah menunjukkan betapa pentingnya proses yang terorganisir untuk memastikan keakuratan dan keandalan temuan penelitian.

Secara keseluruhan metodologi penelitian adalah suatu pendekatan kritis yang melibatkan struktur konseptual dan kerangka kerja untuk mengorganisir ide-ide, memberikan panduan untuk seluruh proses penelitian. Ini bukan hanya proses, melainkan juga pendekatan ilmiah yang terstruktur untuk menyelidiki masalah atau mencari jawaban terhadap pertanyaan penelitian.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
MANAJEMEN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI
MANAJEMEN LAYANAN TEKNOLOGI INFORMASI Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads