PENGANTAR PASAR MODAL (Konsep dan Praktik)
January 30, 2024
Prof. Dr. Ester Manik, M.M

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
PENGANTAR PASAR MODAL (Konsep dan Praktik) Image
Abstract

Pasar modal merupakan suatu sistem keuangan yang memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan modal dengan cara menjual saham atau obligasi kepada investor. Pasar modal memberikan kesempatan bagi investor untuk memperoleh keuntungan melalui investasi dalam instrumen keuangan seperti saham, obligasi, dan sekuritas lainnya.
Di dalam pasar modal, terdapat dua jenis pasar utama: pasar saham dan pasar obligasi. Pasar saham adalah tempat perdagangan saham, di mana investor dapat membeli dan menjual saham perusahaan publik. Sementara itu, pasar obligasi adalah tempat perdagangan obligasi, di mana investor meminjamkan uang kepada perusahaan atau pemerintah dalam bentuk obligasi dengan imbal hasil tertentu.
Pasar modal memiliki peran penting dalam perekonomian, karena memungkinkan perusahaan untuk mengakses modal tambahan untuk ekspansi dan pertumbuhan. Selain itu, pasar modal juga memberikan kesempatan bagi investor untuk mengalokasikan modal mereka dengan cara yang beragam, sesuai dengan tujuan dan toleransi risiko masing-masing.
Namun, investasi di pasar modal juga melibatkan risiko, seperti risiko pasar, risiko likuiditas, dan risiko perusahaan. Oleh karena itu, penting bagi investor untuk memahami risiko-risiko tersebut dan melakukan diversifikasi portofolio untuk mengurangi risiko investasi.
Dengan pemahaman yang baik tentang mekanisme dan risiko pasar modal, investor dapat membuat keputusan investasi yang cerdas dan membangun portofolio yang sehat untuk mencapai tujuan keuangan mereka.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
KEBIJAKAN PUBLIK
KEBIJAKAN PUBLIK Image
HUKUM PEMILIHAN UMUM INDONESIA
HUKUM PEMILIHAN UMUM INDONESIA Image
FILSAFAT KEBUDAYAAN
FILSAFAT KEBUDAYAAN Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads