PSIKOLOGI KEUANGAN
December 19, 2023
Ridwan Agustian Nur, Budi Rustandi Kartawinata, Daniel J. I. Kairupan, Nengah Sukendri, Fitriana Sidikah Rachman + 7 more authors

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
PSIKOLOGI KEUANGAN Image
Abstract

Ilmu keuangan atau manajemen keuangan berpijak pada asumsi rasionalitas, dimana para pelakunya akan bertindak rasional dan mampu mengoptimalkan cognitive ability untuk membuat keputusan keuangan yang tepat sasaran. Hal ini berimplikasi pada terdorongnya para pakar-pakar keuangan untuk menemukan alat-alat yang dapat membantu dalam membuat pertimbangan yang logis alias rasional, dan hal ini pun terus bertahan hingga beberapa ahli keuangan mengamati perilaku fakta pembuat keputusan keuangan dan mencoba membuat terobosan dengan menggunakan perspektif yang berbeda, yaitu dari perspektif normatif menuju positif.
Hasilnya pun menjadi berbeda, dengan menggunakan ilmu psikologi tepatnya psikologi cognitif maka terbentuklah keuangan berbasis perilaku atau psikologi keuangan. Psikologi keuangan berdiri di atas premis bahwa pembuat keputusan keuangan tidak sepenuhnya rasional, dalam pengertian bahwa terdapat keterbatasan rasionalitas yang menyebabkan pembuat keputusan keuangan (decision maker) mengalami kekeliruan. Dan bukan hanya itu saja, psikologi keuangan juga memasukkan faktor-faktor emosi yang mengarahkan pada perilaku yang bias. Oleh karena itu, psikologi keuangan diartikan sebagai kajian atau studi tentang perilaku yang bias disebabkan adanya keterbatasan kemampuan berpikir dan kelemahan emosi. Kehadiran psikologi keuangan mendapatkan respon yang positif dan terbukti dari melimpahnya penelitian-penelitian atau riset-riset yang membuktikan bahwa perilaku investor tidak rasional atau bahkan jauh dari rasional.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
TEKNOLOGI PENGEMBANGAN MEDIA
TEKNOLOGI PENGEMBANGAN MEDIA Image
KEPERAWATAN KESEHATAN JIWA
KEPERAWATAN KESEHATAN JIWA Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads