KEANEKARAGAMAN DAN KELIMPAHAN GASTROPODA DI PANTAI NUHANERA DESA TAPOBARAN KECAMATAN LEBATUKAN KABUPATEN LEMBATA
May 18, 2023
Margaretha Maria Perada

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
KEANEKARAGAMAN DAN KELIMPAHAN GASTROPODA DI PANTAI NUHANERA DESA TAPOBARAN  KECAMATAN LEBATUKAN KABUPATEN LEMBATA Image
Abstract

Gastropoda adalah kelompok hewan invertebrata yang mempunyai tubuh yang lunak, simetri bilateral, tertutup mantel yang menghasilkan cangkang dan kaki ventral. Tubuh gastropoda sangat bervariasi, memiliki cangkang yang berulir berfungsi sebagai rumah (rangka luar) dan dilengkapi dengan tentakel dan mata, serta kaki lebar berotot yang digunakan untuk merayap.

Kelas gastropoda umumnya lebih dikenal dengan sebutan siput atau keong. Tubuh gastropoda sangat bervariasi dalam bentuk dan ukurannya. Gastropoda umumnya bercangkang tunggal, membentuk spiral. Beberapa jenis diantaranya tidak mempunyai cangkang. Morfologi cangkangnya sebagian besar terbuat dari bahan kalsium karbonat yang bagian luarnya dilapisi periostrakum dan zat tanduk.

Pantai Nuhanera merupakan salah satu pantai yang memiliki wilayah pasang surut yang relatif sempit serta memiliki tipe pantai yang bersubstrat keras dengan tipe substrat berbatu, berpasir, serta berkarang. Pantai ini memiliki ekosistem terumbu karang yang berdampingan dengan sumber daya hayati lainnya salah satunya gastropoda.
Sebanyak 14 spesies gastropoda ditemukan di Pantai Nuhanera Desa Tapobaran Kecamatan Lebatukan yaitu T. cornutus, Lunella smaragda, Gibbula leucophea, Trochus niloticus, Conus flavidus, Conus leopardus, Oxymeris maculate, Harpa davidis, Cypraea tigri, Strombus lambis, Lobatus gigas, Tutufu rubeta, T. fuscatus, dan Nerita exuvia.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
BUKU SAKU MANAJEMEN STRES
BUKU SAKU MANAJEMEN STRES Image
KEPATUHAN KEBERSIHAN TANGAN DAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PETUGAS: DAMPAK TERHADAP ANGKA KEJADIAN INFEKSI NOSOKOMIAL RAWAT JALAN
KEPATUHAN KEBERSIHAN TANGAN DAN PENGGUNAAN ALAT PELINDUNG DIRI PETUGAS: DAMPAK TERHADAP ANGKA KEJADIAN INFEKSI NOSOKOMIAL RAWAT JALAN Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads