HAK ANAK DI NEGARA MUSLIM ASIA TENGGARA: KAJIAN PERUNDANG-UNDANGAN DAN MASLAHAH
May 9, 2023
Ernawati Ernawati

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads
HAK ANAK DI NEGARA MUSLIM ASIA TENGGARA: KAJIAN PERUNDANG\u002DUNDANGAN DAN MASLAHAH Image
Abstract

Tema penting dalam buku ini adalah bagaimana Islam dan hukum nasional dalam meratifikasi Konvensi Hak Anak di negara muslim Asia Tenggara. Tulisan ini mengeksplorasi konsep maslahah dan konsepsi sistem hukum yang dibangun di negara muslim Asia Tenggara dalam meratifikasi Konvensi Hak Anak serta mengenai perlindungan hak anak terkait interelasi Islam dan Konvensi Hak Anak di negara Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam. Dalam mengembangkan tulisan ini, penulis mengkaji undang-undang hak anak dengan mengambil di negara muslim Asia Tenggara, yaitu: Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam.
Penelitian terdahulu menunjukkan bahwa konsepsi perlindungan anak meliputi ruang lingkup yang luas sehingga Konvensi Hak Anak menekankan bahwa segala tindakan yang dilakukan yang berhubungan dengan anak harus berdasarkan kepentingan terbaik dari anak. Bahkan konsep perlindungan hak, sebagai “The Islamic Rights Protection of Children”, sudah dijalankan sebagai sebuah konsep yang ikut melanjutkan misi kenabian untuk merawat iman dan akhlak umat sesuai dengan karakter al-Qur'an yang bersifat universal dan abadi sepanjang zaman.
Dalam karya buku ini, penulis ingin menunjukan atau mampu menyajikan bagaimana perlindungan hak anak di negara muslim bermazhab Syafi'I wilayah Asia Tenggara (Indonesia, Malaysia dan Brunei Darussalam). Tulisan ini menemukan bahwa dalam kerangka filosofi hukum dan hukum Islam hanya berbasis kepada kerangka-kerangka tektualisasi pada dokrin agama sementara filosofi ideal yang dimaksud dengan perlindungan anak secara komprehensif tidak dilakukan atau dibahas dalam ketiga negara muslim, perbedaannya brunei terlihat lebih konservatif, Malaysia lebih moderat, sementara Indonesia lebih modern.

Full text
Show more arrow
 

Metrics

  • Eye Icon 0 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 0 views  //  0 downloads