TEKNOLOGI MINYAK DAN LIPID HASIL LAUT
January 18, 2023
Sumartini Sumartini, Nirmala Efri Hasibuan

Metrics

  • Eye Icon 299 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 299 views  //  0 downloads
TEKNOLOGI MINYAK DAN LIPID HASIL LAUT Image
Abstract

Lemak dan minyak merupakan salah satu komponen makro yang terdapat dalam bahan makanan. Selain berfungsi sebagai zat gizi, lemak juga berperan sebagai sumber tenaga. Setiap gram lemak menghasilkan 9,5 kkal/g energi, lebih tinggi jika dibandingkan dengan kalori pada tiap gram karbohidrat dan protein yang hanya sebesar 4,1 kkal/g dan 5,6 kkal/g.
Lemak pangan adalah campuran dari trigliserida dan sedikit substansi lain yang terdapat di alam atau berasal dari proses pengolahan dan penyimpanan lemak. Umumnya lemak dan minyak terdiri dari trigliserida, digliserida, monogliserida, asam lemak, fosfolipida, sterol, vitamin yang larut dalam lemak, pigmen, hidrokarbon, hasil-hasil oksidasi, trace metal, dan air.
Sedangkan lipid adalah kelompok molekul alami yang meliputi lemak, lilin, sterol, vitamin yang larut dalam lemak (seperti vitamin A, D, E, dan K), monogliserida, digliserida, trigliserida, fosfolipid, dan lain-lain. Fungsi biologis utama lipid termasuk menyimpan energi, pensinyalan, dan bertindak sebagai komponen pembangun membran sel.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
DEFENSE ECONOMICS IN GLOBAL POWER COMPETITION ERA
DEFENSE ECONOMICS  IN GLOBAL POWER COMPETITION ERA Image
PEMASARAN DAN TEKNOLOGI
PEMASARAN DAN TEKNOLOGI Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 299 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 299 views  //  0 downloads