MANAJEMEN USAHA KECIL MENENGAH
August 18, 2022
Sri Wijiastuti, Zandra Dwanita Widodo, Kurniawati Darmaningrum

Metrics

  • Eye Icon 21 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 21 views  //  0 downloads
MANAJEMEN USAHA KECIL MENENGAH Image
Abstract

Usaha kecil dapat dijelaskan bahwa usaha yang pemiliknya mempunyai jalur komunikasi langsung dengan kegiatan operasi dan juga dengan sebagian besar tenaga kerja yang ada dalam kegiatan usaha tersebut, dan biasanya hanya mempekerjakan tidak lebih dari lima puluh orang. Memiliki kelemahan modal yang terbatas dengan memiliki kekuatan motivasi yang tinggi. Usaha kecil dapat berhasil ketika usaha tersebut dapat menjadi daya tarik pelanggan atau pun dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Dalam mengelola pemasaran pada usaha kecil dengan adanya strategi pemasaran yaitu serangkaian tujuan sasaran, kebijakan dan aturan yang memberi arah kepada usaha-usaha pemasaran dari waktu-kewaktu. Untuk menyusun strategi pemasaran harus memperhatikan lingkungan pemasaran. Dalam keuangan usaha kecil terdapat persamaan akuntansi yang menyajikan jumlah aktiva perusahaan dan tuntutan atau kewajiban terhadap aktiva tersebut.

Dalam berwirausaha kita juga harus memahami pencatatan transaksi usaha kecil agar dapat mencatat dan melaporkan hasil transaksi-transaksi dalam usaha kepada orang yang berkepentingan. Dapat juga transaksi dicatat dalam jurnal dengan mengikuti langkah-langkah antara lain mengidentifikasikan transaksi dari dokumen sumbernya, menentukan akun yang terpengaruh, menentukan debit-kreditnya, memasukkan akun ke jurnal. Sehingga dalam proses pembukuan dapat terlihat saldo-saldo yang benar dan menunjukkan jumlah yang seharusnya. Dalam sumber daya manusia pada usaha kecil memiliki bertujuan untuk menetapkan secara efektif serta efisien penerapan bakat seseorang dalam mencapai tujuan organisasi. Adanya manajemen sumber daya manusia memiliki tujuan membantu karyawan, membantu manajemen, membantu organisasi.

Dengan meningkatkan efektivitas MSDM dapat menyelesaikan tugas-tugas yang ada sesuai yang ditetapkan. Sehingga perputaran karyawan dan penarikan tenaga kerja memperoleh tenaga kerja yang baik serta dapat diandalkan. Dalam pengembangan karyawan bisa melalui pelatihan-pelatihan dengan metode dasar pelatihan di tempat kerja, magang, kursus-kursus khusus. Adanya buku ini diharapkan dapat membantu proses belajar mahasiswa dalam memahami teori dan praktik manajemen dalam usaha kecil.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
APLIKASI STUDI EHRA PUSKESMAS PERKOTAAN
APLIKASI STUDI EHRA PUSKESMAS PERKOTAAN Image
PENGANTAR TEKNIK INDUSTRI
PENGANTAR TEKNIK INDUSTRI Image
MERAJUT MASA DEPAN Inovasi Strategis dalam Pengelolaan Sumber Daya Manusia
MERAJUT MASA DEPAN Inovasi Strategis dalam Pengelolaan Sumber Daya Manusia Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 21 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 21 views  //  0 downloads