Metrics

  • visibility 0 views
  • get_app 0 downloads
description Book public Widina Bhakti Persada

SOLUSI DAMPAK NEGATIF PENGGUNAAN MEDIA ELEKTRONIK PADA REMAJA DALAM AKTIVITAS PEMBELAJARAN

Willius Kogoya, Hiskia Uruwaya
Published 20 February 2022

Abstract

Perkembangan teknologi di era digital ini telah memperluas kecenderungan dalam penggunaan media elektronik dalam berbagai sektor kehidupan. Keberadaan media elektronik menjadi salah satu faktor penunjang kemajuan kualitas hidup manusia, dimana masyarakat semakin merasakan kemudahan untuk berkomunikasi dan mencari berbagai informasi tanpa batas ruang dan waktu. Demikian pula dalam sector pendidikan, media elektronik membawa sebuah perubahan besar sebagai mediator berbagai ilmu pengetahuan dari berbagai sumber bahkan dengan jarak dan waktu yang sulit terjangkau. Di satu sisi penggunaan media elektronik memberikan dampak positif, tetapi di sisi lain juga menimbulkan dampak negatif bagi pembentukan karakter remaja.

Dalam pengamatan lapangan sepanjang peneliti mengabdi sebagai Gembala di Gereja Baptis Menehi Sentani didapati berbagai penyimpangan perilaku pada anak-anak remaja di Gereja Baptis Menehi Sentani. Penyimpangan perilaku anak-anak remaja tersebut mencerminkan karakter yang buruk sebagai dampak negatif dari penggunaan media elektronik yang tidak terkontrol. Misalnya, remaja putri mulai berpenampilan seronok dan tidak sopan, menggunakan bahasa yang kasar dan tidak pada tempatnya, dan mulai jarang ikut beribadah. Sementara remaja putra terlibat perkelahian, mulai mengkonsumsi minuman keras, merokok, bersikap kasar, tidak beretika. Ditambah lagi berbagai keluhan dari orang tua yang mengatakan bahwa putra-putri mereka sudah berani melawan, sering meminta uang untuk memuaskan penampilan dan pergaulan mereka, dan jika tidak dipenuhi permintaannya, anak-anak remaja itu bisa memarahi orang tua mereka atau bahkan mencuri. Mengingat kondisi demikian, maka peneliti memandang perlu adanya upaya untuk menanggulangi dampak negatif penggunaan media elektronik bagi pembentukan karakter remaja di Gereja Baptis Menehi Sentani.

Tujuan yang diharapkan dari buku ini adalah untuk menelisik fakta lapangan tentang dampak negatif penggunaan media elektronik pada kalangan remaja di Gereja Baptis Menehi Sentani, untuk kemudian berusaha menemukan solusi yang dapat bermanfaat dalam menanggulangi dampak negatif tersebut agar tidak membahayakan kehidupan remaja di lokasi penelitian khususnya dan di segala tempat pada umumnya. Buku ini merupakan sebuah intisari dari hasil penelitian yang telah dilakukan oleh Willius Kogoya dan Hiskia Uruwaya pada universitas cenderawasih dengan judul penelitian “penanggulangan penggunaan media elektronik pada pembelajaran bagi pembentukan karakter remaja”.

Full text

 

Metrics

  • visibility 0 views
  • get_app 0 downloads