Metrics

  • visibility 89 views
  • get_app 0 downloads
description Book public Widina Bhakti Persada

KEUANGAN NEGARA

Ujang Enas, Moeljono Moeljono, Arif Zunaidi, Yanuar Pribadi, Muhamad Imam Syairozi, 10 more
Published 17 July 2021

Abstract

Keuangan negara merupakan hal yang sangat menarik untuk dibicarakan, dikaji dan dipelajari oleh masyarakat Indonesia. Istilah keuangan negara ini sering kita dengar di berbagai media, baik media cetak maupun media elektronik seperti televisi atau internet. Istilah ini tidak asing lagi bagi sebagian besar warga negara Indonesia, karena keuangan negara ini erat kaitannya dengan kesejahteraan masyarakat Indonesia, bahkan sering juga kita mendengar pemberitaan yang negative mengenai keuangan negara ini yaitu seringnya tindakan korupsi yang merugikan masyarakat yang dilakukan oleh oknum pejabat yang tidak bertanggung jawab.

Secara umum keuangan negara membicarakan masalah penerimaan anggaran atau sumber-sumber penerimaan/pemasukan kas negara untuk membiayai operasional suatu negara, serta berbagai macam pengeluaran anggarannya. Menurut Musgrave dalam Effendi (2021) mengatakan bahwa pada umumnya studi keuangan negara membatasi hanya pada penerimaan dan pengeluaran yang ada pada anggaran pemerintah (pusat dan daerah) dan pengaruh-pengaruhnya. Aspek-aspek lain yang juga merupakan bidang studi keuangan negara adalah regulasi ekonomi oleh cabang pemerintahan yudikatif, pengelolaan perusahaan negara, dan pengaturan kebijakan moneter.

Oleh karena itu buku ini hadir kehadapan sidang pembaca sebagai bagian dari upaya diskusi sekaligus dalam rangka melengkapi khazanah keilmuan dibidang keuangan negara, sehingga buku ini sangat cocok untuk dijadikan bahan acuan bagi kalangan intelektual dilingkungan perguruan tinggi ataupun praktisi yang berkecimpung langsung dibidang pengelolaan keuangan negara.

Full text

 

Metrics

  • visibility 89 views
  • get_app 0 downloads