Metrics

  • visibility 0 views
  • get_app 0 downloads
description Book public Widina Bhakti Persada Bandung

KEWIRAUSAHAAN (TEORI DAN PRAKTIS)

Agus Alimuddin, Adih Supriadi, Ujang Enas, Fauzan Aziz, Komang Trisna Sari Dewi, 9 more
Published 5 June 2021

Abstract

Wirausaha merupakan potensi pembangunan, baik dalam jumlah maupun dalam mutu wirausaha tersebut. Saat ini, kita menghadapi kenyataan bahwa jumlah wirausahawan Indonesia masih sedikit dan mutunya belum sepenuhnya baik, sehingga persoalan pembangunan wirausaha Indonesia merupakan persoalan mendesak bagi suksesnya pembangunan.

Akan tetapi pada kenyataannya, kewirausahaan belumlah menjadi primadona sekaligus pilihan utama bagi sebagian masyarakat Indonesia. Banyak yang menjadi faktor penyebab rakyat Indonesia tidak termotivasi untuk terjun ke dunia bisnis, sehingga pada akhirnya Kita tertinggal jauh dari negara tetangga yang seakan-akan memiliki spesialisasi dalam profesi bisnis.

Banyak faktor psikologis yang membentuk sikap negatif masyarakat sehingga mereka kurang berminat terhadap profesi wirausaha, antara lain sifat agresif, ekspansif, suka bersaing, egois, tidak jujur, kikir, sumber penghasilan tidak stabil, kurang terhormat, pekerjaan rendah, dan sebagainya. Pandangan semacam ini dianut oleh sebagian besar penduduk yang tidak tertarik. Mereka tidak menginginkan anak-anaknya menerjuni bidang ini, dan berusaha mengalihkan perhatian anak-anaknya untuk menjadi pegawai negeri, apalagi jika anaknya sudah lulus perguruan tinggi. Mereka mengatakan, “Untuk apa sekolah tinggi, jika hanya menjadi pedagang.“ Pandangan ini sudah tertanam kuat di lubuk hati sebagian besar rakyat kita, sejak zaman penjajahan Belanda sampai beberapa dekade masa kemerdekaan.

Oleh karena itu, buku ini hadir sebagai upaya untuk membangun pemahaman yang konstruktif dan utuh terkait kewirausahaan, sehingga buku ini diharapkan mampu memberikan pengetahuan sekaligus pencerahan bagi khalayak pembaca yang pada akhirnya mampu mendorong peningkatan minat masyarakat Indonesia terhadap kewirausahaan sekaligus mengejar ketertinggalan dari negara-negara lainnya di dunia.

Full text

 

Metrics

  • visibility 0 views
  • get_app 0 downloads