Metrics

  • visibility 21 views
  • get_app 0 downloads
description Book public Widina Bhakti Persada Bandung

EKONOMI TEKNIK

Marcy Lolita Pattiapon, Esther Kembauw, Zufri Hasrudy Siregar, Joko Hardono, Diah Sarasanty, 7 more
Published 24 May 2021

Abstract

Ekonomi teknik merupakan kumpulan teknik yang membandingkan beberapa pilihan dalam membuat keputusan dengan melibatkan unsur-unsur dasar seperti aliran uang tunai, waktu dan tingkat suku bunga dimulai dari perumusan, prediksi dan menilai hasil ekonomi yang diharapkan dari alternatif yang dirancang untuk mencapai tujuan tertentu.

Ilmu pengetahuan dan teknologi telah mengantarkan manusia pada sistem kehidupan modern yang sarat dengan teknologi sebagaimana kita alami dewasa ini. Melalui pengembangan ilmu pengetahuan dan teknologinya, manusia akan dapat memanfaatkan sumber daya alam secara optimal untuk memenuhi berbagai kebutuhannya.

Keterbatasan dari sumber daya (manusia, material, uang, mesin, kesempatan, dll) membuat munculnya berbagai alternatif. Dengan berbagai alternatif yang ada tersebut maka diperlukan sebuah perhitungan untuk mendapatkan pilihan yang terbaik secara ekonomi, baik ketika membandingkan berbagai alternatif rancangan, membuat keputusan investasi modal, mengevaluasi kesempatan finansial dll. Ekonomi teknik sangat diperlukan, terutama untuk suatu proyek karena banyak keputusan yang melibatkan uang atau modal dalam jumlah yang sangat besar dan biasanya dibatasi. Konsekuensi terhadap hasil keputusan biasanya berdampak jauh ke masa yang akan datang, yang konsekuensinya itu tidak bisa diketahui secara pasti, merupakan pengambilan keputusan dibawah ketidakpastian.

Full text

 

Metrics

  • visibility 21 views
  • get_app 0 downloads