Metrics

  • visibility 6 views
  • get_app 0 downloads
description Book public Widina Bhakti Persada Bandung

AKUNTANSI SYARIAH

Delphian Ramadhan Imaduddin Aksan, Fitriah Ayu Sugianti, Andi Zulfikar Darussalam, Arif Zunaidi, Muhammad Azizi, 14 more
Published 17 March 2021

Abstract

Meningkatnya kesadaran umat Islam khususnya di Indonesia untuk menjalankan transaksi bisnis yang sesuai dengan syariah merupakan sesuatu yang sangat menggembirakan. Hal ini ditandai dengan semakin berkembangnya entitas bisnis syariah, seperti perbankan syariah maupun entitas keuangan syariah lainnya. Perkembangan bisnis syariah tersebut tentunya menuntut disusunnya suatu informasi akuntansi berupa laporan keuangan yang sesuai dengan transaksi yang dijalankan di entitas syariah, karena akuntansi yang diterapkan pada bisnis syariah memiliki prinsip-prinsip yang berbeda dengan akuntansi konvensional pada umumnya. Meskipun dari sisi teknis, antara akuntansi syariah dengan akuntansi konvensional memiliki banyak kesamaan.

Akuntansi syariah menjadi pedoman bagi suatu entitas syariah dalam mengidentifikasi, mencatat, mengukur, dan mengikhtisarkan informasi ekonomi sehingga tidak bertentangan dengan al-Qur'an, as-Sunnah, ijma, qiyas, dan sumber hukum Islam lainnya. Pada masa sekarang ini, akuntansi syariah terus mengalami perkembangan seiring semakin tumbuh dan berkembangnya sektor ekonomi. Banyak perusahaan, bank, dan lembaga keuangan lainnya yang mulai memutuskan untuk beralih atau menambahkan sistem akuntansi syariah ini pada bisnis mereka. Dengan harapan, kegiatan muamalah dan aktivitas bisnis yang dijalankannya agar benar-benar sesuai dengan syariah Islam dan tidak bertentangan dengan ketentuan yang telah ditetapkan oleh Allah Subhanahu wa Ta'ala.

Full text

 

Metrics

  • visibility 6 views
  • get_app 0 downloads