HUKUM PASAR MODAL
February 3, 2021
Rumawi Rumawi, Ambar Sri Lestari, Ronald Saija, Dewa Gede Satriawan, John Budiman Bancin + 9 more authors

Metrics

  • Eye Icon 102 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 102 views  //  0 downloads
HUKUM PASAR MODAL Image
Abstract

Pasar modal (capital market) menjadi sumber pembiayaan yang sangat dibutuhkan oleh pelaku usaha yang memerlukan tambahan modal, juga sebagai alternatif pembiayaan bagi masyarakat investor. Pasar modal merupakan bagian dari pasar keuangan yang merupakan satu kesatuan sistem yang terdiri dari unsur: a) pasar tempat ditransaksikan Efek (securities market); (b) lembaga perantara yang membantu transaksi Efek (securities intermediaries); (c) otoritas atau pengawas pasar modal (capital market regulator). Agar sistem yang terbangun di pasar modal berjalan adil, tertib dan teratur, maka kegiatan dipasar modal perlu di atur dan dituangkan dalam hukum pasar modal.
Hukum pasar modal dalam perkembangan terdiri dari aturan yang sifatnya: (a) institutional regulation, aturan yang mengatur kelembagaan pasar modal, (b) functional regulation, aturan yang mengatur aktivitas, prosedur, perizinan, dan hal-hal lain yang memungkinkan berfungsinya pasar modal. Hukum pasar modal disusun dengan tujuan agar kegiatan di pasar modal dapat berjalan adil, tertib, dan teratur. Hukum pasar modal diciptakan dengan tujuan agar kegiatan pasar modal dapat berjalan secara tertib, efektif, dan efisien.
Dalam buku ini membahas mengenai pengantar dan dasar hukum pasar modal, prinsip hukum pasar modal yang dilanjutkan dengan mekanisme penawaran umum dan mekanisme transaksi pasar modal serta go public dan go private, instrumen pasar modal kemudian struktur pasar modal indonesia serta penyelesaian sengketa dalam pasar modal, pelanggaran-pelanggaran dalam pasar modal, pencucian uang dalam pasar modal kemudian pemeriksaan dan penyidikan dalam pasar modal dan sanksi dalam pasar modal serta perlindungan hukum bagi investor pasar modal terakhir perkembangan hukum pasar modal syariah.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
PRILAKU KONSUMEN (RUANG LINGKUP DAN KONSEP DASAR)
PRILAKU KONSUMEN (RUANG LINGKUP DAN KONSEP DASAR) Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 102 views
  • Download Icon 0 downloads
Metrics Icon 102 views  //  0 downloads