PENGANTAR MANAJEMEN PUBLIK DAN BISNIS (Tinjauan Teori dan Konseptual)
August 25, 2020
Sherly Sherly, Vivi Candra, Nana Triapnita Nainggolan, Sudung Simatupang, Debi Eka Putri + 8 more authors

Metrics

  • Eye Icon 88 views
  • Download Icon 43 downloads
Metrics Icon 88 views  //  43 downloads
PENGANTAR MANAJEMEN PUBLIK DAN BISNIS (Tinjauan Teori dan Konseptual) Image
Abstract

Setiap organisasi profit ataupun non profit, organisasi yang menghasilkan barang ataupun organisasi yang menghasilkan jasa pasti tidak terlepas dari kegiatan manajemen. Melalui kegiatan manajemen yang baik maka semua sumber daya yang ada dalam organisasi dapat direncanakan, diorganisasikan, diarahkan dan diawasi sehingga dapat mencapai tujuan organisasi dengan cara efektif dan efisien. Dikatakan efektif karena dalam mencapai tujuan organisasi dilakukan melalui cara yang benar dari beberapa alternatif pilihan dan diimplementasikan dengan tepat dan dalam waktu yang cepat. Sementara dikatakan efisien karena dalam mencapai tujuan organisasi dilakukan dengan pemanfaatan sumber daya organisasi yang minimal namun hasil dari pemanfaatan sumber daya organisasi tersebut maksimal.

Manajemen itu sendiri dapat diartikan sebaga sebuahi proses, karena terdapat tahapan-tahapan dalam manajemen untuk mencapai tujuan yaitu melalui tahapan perencanaan, tahapan pengorganisasian, tahapan pengarahan dan tahapan pengawasan. Manajemen diartikan sebagai seni karena setiap manajer mempunyai cara tersendiri untuk mencapai tujuan menurut cara dan gaya manajer masing-masing sesuai kondisi dan kepribadian manajer yang bersangkutan.

Manajemen diartikan sebagai ilmu karena manajemen dapat dipelajari dan diuji kebenarannya. Manajemen jika dipelajari secara sistemik, komprehensif dan dilaksanakan secara konsisten akan lebih menjamin untuk mencapai keberhasilan karena arah tujuan dan sasarannya sudah jelas. Dan jikalau terjadi kegagalan maka melalui manajemen dapat dilakukan evaluasi kembali untuk dapat dijadikan bahan pembelajaran (lesson learned) bagi pengembangan organisasi melalui perbaikan perencanaan dan tindakan secara berkelanjutan. Sementara manajemen diartikan sebagai profesi karena kegiatan manajemen tidak bisa dilakukan oleh semua orang secara sembarangan. Kegiatan manajemen dilakukan oleh manajer yang memiliki kealian dan keterampilan untuk memanage sumber-sumber daya dalam organisasi.

Full text
Show more arrow
 
More from this repository
EKONOMI PEMBANGUNAN SEBUAH TINJAUAN TEORI DAN PRAKTIS
EKONOMI PEMBANGUNAN SEBUAH TINJAUAN TEORI DAN PRAKTIS Image
DIGITAL GLOBAL MARKETING
DIGITAL GLOBAL MARKETING Image
🧐  Browse all from this repository

Metrics

  • Eye Icon 88 views
  • Download Icon 43 downloads
Metrics Icon 88 views  //  43 downloads