ZOOLOGI INVERTEBRATA

Sri Maya • Nurhidayah Nurhidayah
Book Widina Bhakti Persada Bandung • October 2020 Greece

Download full text
(Bahasa Indonesia)

Abstract

Zoologi berasal dari dua kata Yunani diantaranya zoion, yang artinya adalah “hewan” sedangkan logos, yang artinya “studi tentang”. Jadi dapat disimpulkan bahwa defenisi zoologi ini ialah salah satu ilmu yang mempelajari mengenai hewan, seperti perkembangan embrio, evolusi, distribusi ekologi, prilaku, serta klasifikasi hewan. Pada Invertebrata membahas tentang ciri-ciri morfologi, anatomi, fisologi, perilaku, habitat, klasifikasi, dan peranan dari hewan yang digolongkan dalam invertebrata. Selanjutnya ciri-ciri tersebut digunakan sebagai dasar pengklasifikasian ke dalam tingkatan takson yaitu filum, kelas, ordo, famili, genus dan spesies.

Zoologi Invertebrata menuntut mahasiswa untuk dapat menggolong-golongkan hewan berdasarkan persamaan dan perbedaan ciri-cirinya sehingga dapat menyusun klasifikasi dari invertebrata. Oleh karena itu Zoologi Invertebrata mengarahkan agar mahasiswa dapat megidentifikasi hewan hingga mampu mengklasifikasikannya. Selain itu dipelajari pula peranan dari hewan - hewan invertebrata tersebut bagi manusia, lingkungan atau peranannya bagi hewan lain.

Bahasa yang dipakai penulis adalah bahasa baku yang lugas dan cocok digunakan mahasiswa sebagai buku panduan sehari-hari dalam mata kuliah Zoologi Invertebrata, bisa juga dijadikan sumber dalam pembuatan makalah. Selain itu, buku ini juga dilengkapi gambar-gambar yang dapat memperjelas isi buku. Tidak hanya menejelaskan filum dalam invertebrata, buku ini juga memberikan klasifikasi awal untuk memberikan dasar pemahaman tentang pembagian invertebrata. Namun terlepas dari kekurangan yang ada, buku zoologi invertebrata ini merupakan buku yang pantas menjadi pegangan mahasiswa biologi dalam menambah wawasan mereka tentang invertebrata dan segala macam penjelasannya.

Metrics

  • 52 views
  • 34 downloads

Publisher

Widina Bhakti Persada Bandung

Penerbit Widina Adalah penerbit berbadan Hukum yang tercatat di perpustakaan nasional sebagai pen... see more