PENGANTAR STATISTIKA TERAPAN

Muhammad Yahya Matdoan • Nike Astiswijaya • Yonlib Weldri Arnold Nanlohy • Diana Puspitasari • Eny Wahyuning Purwanti 9 more
Book Widina Bhakti Persada Bandung • September 2020 Greece

Download full text
(Bahasa Indonesia)

Abstract

Semenjak peradaban Yunani ilmu hitung sudah di perkenalkan, dan menjadi alat utama dalam proses pengambilan keputusan. Fenomena ini, dapat dilihat dalam tulisan filsuf Yunani kuno seperti Aristoteles, maupun Plato yang mengusulkan sistem pemilihan langsung terhadap pejabat publik. Ilmu hitung kemudian berkembang lagi pada masa imperium Romawi. Ilmu hitung (angka) yang disimbolkan dalam peradaban Yunani dikembangkan dengan simbol Romawi. Meski angka Romawi tidak praktis, dalam batas tertentu memberikan pengaruh yang luas bagi perkembangan ilmu hitung.

Jika dilihat dari sejarah statistika berbeda dengan sejarah munculnya ilmu peluang yang berawal dari sebuah perjudian. Statistika berawal dari kegiatan pengumpulan data yang dilakukan oleh John Graunt di Eropa pada tahun 1662. Beliau menerbitkan sebuah karya tentang observation on the bills of mortality. Selain itu, John Graunt merupakan orang pertama yang menyortir data ke dalam tabel dan mendemonstrasikan secara statistik bahwa jumlah dari pria dan wanita mendekati sama dan perbandingan jenis kelamin pada saat kelahiran stabil.

Sekitar tahun 1943-1946 statisika mulai berkembang pesat, penemuan-penemuan baru muncul seperti yang diperkenalkan oleh Cramer dan M. G Kendall yang mengkaji metode non parametrik dengan menggunakan statistika inferensia. Statistika non parametrik muncul karena kebutuhan berdasarkan syarat yang tidak terpenuhi oleh statistika parametrik. Pada tahun 1945 Frank Wilcoxon menemukan satu uji, yang kemudian lebih dikenal dengan uji wilcoxon. Setelah itu, pada tahun 1950 William Feller mengembangkan topik-topik statistik tingkat lanjut seperti rantai markov.

Pada periode tahun 1980-an ditandai dengan mulainya penggunaan komputer dalam mengolah data statistik. Dengan menggunakan komputer dapat menghemat waktu dalam mengolah data statistik. pada awal abad ke 20 Student menulis tentang distribusi normal. Seiring dengan perkembangan teknologi komputer maka statistik berkembang pesat hingga saat ini.

Metrics

  • 135 views
  • 47 downloads

Publisher

Widina Bhakti Persada Bandung

Penerbit Widina Adalah penerbit berbadan Hukum yang tercatat di perpustakaan nasional sebagai pen... see more