Metrics

  • visibility 488 views
  • get_app 176 downloads
description Book public Widina Bhakti Persada Bandung

MANAJEMEN SUMBER DAYA MANUSIA (Sebuah strategi, perencanaan dan pengembangan)

Melda Agnes Manuhutu, Yoseph Arteurt Merung, Imanuddin Hasbi, Ujang Enas, Dewa Gede Satriawan, 8 more
Published 25 September 2020

Abstract

Manajemen Sumber Daya Manusia (MSDM) adalah pengakuan tentang pentingnya tenaga kerja organisasi sebagai sumber daya manusia dalam memberikan kontribusi bagi tujuan-tujuan organisasi, dan penggunaan beberapa fungsi serta kegiatan untuk memastikan bahwa Sumber Daya Manusia (SDM) tersebut digunakan secara efektif dan adil bagi kepentingan individu, organisasi dan masyarakat.

Setiap organisasi/perusahaan/bisnis perlu menyadari bahwa pekerja dan organisasi/perusahaan/bisnis ibarat sebuah motor dan mesin, yang tidak dapat dipisahkan. Tanpa mesin yaitu pekerja, motor yaitu organisasi/perusahaan/bisnis tidak dapat bergerak menuju tempat atau tujuan yang diharapkan. Ketidaksesuaian antara keduanya akan menyebabkan banyak hal salah satunya adalah lambatnya pertumbuhan serta melemahnya produktivitas sebuah organisasi/perusahaan/bisnis.

Tantangan-tantangan inilah yang membuat kehadiran MSDM menjadi sangat penting. MSDM adalah senjata yang dapat diandalkan untuk menyelaraskan tujuan pekerja dan organisasi/perusahaan/bisnis tersebut serta memastikan seorang pekerja melakukan pekerjaannya sesuai kewajibannya. Sebaliknya organisasi/perusahaan/bisnis melakukan tanggung jawabnya untuk memberikan balasan yang setimpal pula baik materil maupun moril sesuai dengan aturan undang-undang yang berlaku.

Full text

 

Metrics

  • visibility 488 views
  • get_app 176 downloads