KETEPATAN DALAM PEMBERIAN OPINI AUDIT (Suatu Pendekatan secara Teori dan Survei)

Dirvi Surya Abbas • Basuki Basuki
Book Widina Bhakti Persada Bandung • September 2020

Download full text
(Bahasa Indonesia)

Abstract

Dalam menjalankan tugasnya Auditor memeriksa kewajaran dari entitas klien baik itu entitas bisnis, organisasi maupun lainnya. Selain bukti-bukti yang relevan, dalam proses audit juga membutuhkan informasi-informasi yang dapat membantu jalannya pemeriksaan. penjelasan dari klien inilah yang nantinya akan menjadi bahan pertimbangan Akuntan Publik. namun, hal tersebut tidak terlepas dari tingkat keakuratan informasi yang disampaikan. jadi baik secara langsung maupun tidak langsung informasi klien akan mempengaruhi Auditor dalam mempertimbangkan evaluasi auditnya. maka dari itu, untuk membuat opini audit yang baik demi tercapainya mutu dan kualitas audit yang baik, Pertimbangan terhadap evaluasi bukti sangat erat kaitannya dengan karakteristik personal seperti Independensi auditor, Keahlian, pengetahuan akuntansi dan auditing, skeptisme auditor.

Pada dasarnya Buku ini, selain dimotivasi oleh penjelasan yang dikemukakan diatas. buku ini dirasa penting dikarenakan kesadaran etika profesi audit memegang peran yang penting bagi seorang akuntan publik dalam ketepatannya membuat opini auditor. Hal ini disebabkan oleh kenyataan bahwa profesi audit sangat membutuhkan kepercayaan masyarakat dan pemerintah terhadap kualitas opini audit yang dikeluarkannya. sebagai suatu profesi yang selalu dikenal dengan independensinya, peran etika auditor adalah suatu kebutuhan pokok yang tidak bisa dinegosiasikan lagi seperti di zaman ini. Masyarakat akan sangat menghargai profesi yang menerapkan standar mutu tinggi terhadap pelaksanaan pekerjaan anggota profesi, karena dengan demikian masyarakat akan merasa terjamin untuk memperoleh suatu informasi tentang hasil audit yang diintepretasikan melalui opini audit yang selalu diandalkan dari profesi audit. Kepercayaan masyarakat terhadap mutu audit akan menjadi lebih tinggi jika profesi akuntan publik menerapkan standar mutu yang tinggi terhadap pelaksanaan pekerjaan audit yang dilakukan oleh anggota profesi tersebut.

Setelah membaca buku ini, pembaca diharapkan agar mendapat pemahaman yang tepat, luas dan dalam atas Pendekatan ketepatan Pemberian Opini Audit secara Teori dan Survey.

Metrics

  • 33 views
  • 36 downloads

Publisher

Widina Bhakti Persada Bandung

Penerbit Widina Adalah penerbit berbadan Hukum yang tercatat di perpustakaan nasional sebagai pen... see more