PROGRAM LINIER (TEORI DAN APLIKASI)

Yayu Nurhayati Rahayu • Opan Arifudin
Book Widina Bhakti Persada Bandung • April 2020

Download full text
(Bahasa Indonesia)

Abstract

Setiap orang selalu dihadapkan pada suatu pengambilan keputusan. Model keputusan merupakan alat yang menggambarkan permasalahan keputusan sedemikian rupa sehingga memungkinkan identifikasi dan evaluasi sistematik semua alternatif keputusan yang tersedia. Salah satu teknik yang digunakan untuk menganalisis alternatif keputusan adalah Riset Operasional (Operations Research). Riset Operasional merupakan metode pengoptimalan proses pengambilan keputusan yang dibatasi oleh ketersediaan sumber daya. Pengambilan keputusan dapat dibedakan menjadi keputusan pasti, berisiko dan tidak pasti. Keputusan pasti didukung oleh data-data pasti.

Perkembangan Riset Operasional pasca perang yang cukup terkenal adalah temuan salah satu metode Riset Operasional oleh George Dantzig. Beliau sangat terkenal akan temuannya yang berupa pengembangan Pemrograman Linier yang merupakan metode Riset Operasional yang sangat luas digunakan. Dantzig ini sering disebut sebagai "Bapak Pemrograman Linier”. Untuk menyelesaikan persoalan dalam dunia nyata dengan menggunakan metode Program Linier, maka persoalan tersebut harus diterjemahkan terlebih dahulu dalam bentuk model matematis, dimana model matematis persoalan program linier terdiri dari 2 fungsi yaitu fungsi tujuan (fungsi obyektif) dan fungsi kendala (fungsi batasan).

Buku ini memuat beberapa metode dalam memecahkan permasalah program linier diantaranya adalah metode grafik, metode simpleks dan Bilangan Bulat (Integer). Metode grafik menggunakan pendekatan grafik dalam pengambilan keputusannya, dimana seluruh fungsi kendala dibuat dalam satu bagian gambar kemudian diambil keputusan melalui grafik tersebut untuk menentukan nilai variabel keputusan yang optimum. Metode simpleks merupakan bagian dari linier programming yang digunakan sebagai alat untuk memecahkan kasus-kasus pemograman linier yang lebih rumit. Metode ini menggunakan pendekatan tabel yang dinamakan “Tabel Simpleks”. Metode Bilangan Bulat (Integer) yang merupakan kasus khusus dalam program linier yang mensyaratkan bahwa jawaban/ solusi dari tiap variabel keputusannya adalah integer (bilangan bulat).

Program POM QM for Windows merupakan paket program komputer (software) untuk memecahkan masalah-masalah Metode Kuantitatif, Manajemen Sains dan Riset Operasi. Program POM QM for Windows diterbitkan oleh Prentice Hall's (www.prentice-hall.com). Tampilan grafis yang menarik dan kemudahan pengoperasian menjadikan POM QM for Windows sebagai alternatif aplikasi guna membantu pengambilan keputusan seperti misalnya menentukan kombinasi produksi yang sesuai agar memperoleh keuntungan sebesar-besarnya.

Metrics

  • 101 views
  • 78 downloads

Publisher

Widina Bhakti Persada Bandung

Penerbit Widina Adalah penerbit berbadan Hukum yang tercatat di perpustakaan nasional sebagai pen... see more