EVALUASI IMPLEMENTASI PROGRAM PENDIDIKAN DAN PELATIHAN BIDAN DESA PADA BALAI PELATIHAN KESEHATAN (BAPELKES)

Asmali Asmali • Mukhneri Mukhtar • R. Madhakomala
Book Widina Bhakti Persada Bandung • July 2020

Download full text
(Bahasa Indonesia)

Abstract

Pendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kecerdasan, akhlak mulia serta ketrampilan yang diperlukan dirinya masyarakat bangsa dan Negara. Pendidikan juga merupakan sarana untuk mendapatkan pengetahuan, pengetahuan merupakan kumpulan informasi yang dipahami, diperoleh dari proses belajar selama hidup dan dapat digunakan sewaktu-waktu sebagai alat penyesuaian diri baik terhadap diri sendiri maupun lingkungannya (Ferry Rachmawatie Suryaningtyas, Sri Achadi Nugraheni, 2014).

Dalam rangka meningkatkan mutu dan kompetensi bidan desa dibutuhkan pendidikan dan pelatihan yang memerlukan perencanaan yang baik. Perencanaan yang baik merupakan perencanaan yang dapat menjawab masalah-masalah kesehatan yang ada, efektif, realistis dan fleksibel terhadap situasi dan kondisi yang ada. Dalam menciptakan KIE yang berkualitas seorang bidan harus memenuhi standard dan memiliki pengetahuan yang cukup (Lumbanraja & Aryanti, 2016).

Untuk mengetahui bahwa perencanaan yang telah dirumuskan mencapai tujuan, maka perlu dilakukan evaluasi yang bersifat periodik selama program dilaksanakan. Evaluasi dimulai pada taraf perencanaan yaitu dengan menilai berbagai alternatif tindakan, yang kemudian meluas melalui proses penggerakan atau pelaksanaan. Selama proses pelaksanaan kegiatan harus terus dimonitor melalui evaluasi formatif dan dilakukan perbaikan-perbaikan yang disesuaikan dengan tujuan yang telah direncanakan. Seperti halnya pada pelaksanaan pendidikan dan pelatihan bidan desa.

Metrics

  • 64 views
  • 66 downloads

Publisher

Widina Bhakti Persada Bandung

Penerbit Widina Adalah penerbit berbadan Hukum yang tercatat di perpustakaan nasional sebagai pen... see more