Metrics

  • visibility 267 views
  • get_app 207 downloads
description Book public Widina Bhakti Persada Bandung

EVALUASI PELAKSANAAN PROGRAM AKREDITASI SEKOLAH/MADRASAH

Dewi Astenia, Rugaiyah Rugaiyah, Neti Karnati
Published 1 July 2020

Abstract

Standar nasional pendidikan dikembangkan untuk menjamin mutu pendidikan nasional, dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa dan membentuk watak serta peradaban bangsa yang bermartabat. Sampai saat ini setiap sekolah/madrasah berusaha untuk mendapatkan peringkat akreditasi A atau setidaknya B, berarti sekolah-sekolah itu menginginkan adanya pengakuan bahwa mereka memiliki tingkat kelayakan yang jauh setidaknya sama dengan standar yang berlaku. Bila ada sekolah tingkat kelayakannya masih dibawah standar, maka Badan Akreditasi Provinsi sekolah/madrasah wajib melakukan beberapa tindakan seperti mem-berikan pembinaan ke sekolah/madrasah yang belum mencapai Standar Nasional Pendidikan.

Standar nasional pendidikan adalah kriteria minimal tentang sistem pendidikan di seluruh wilayah hukum negara Republik Indonesia. Oleh karena itu, standar nasional pendidikan harus dijadikan acuan guna me-metakan secara utuh profil kualitas sekolah/madrasah. Kegiatan akreditasi diharapkan menjadi pendorong dan dapat menciptakan suasana kondusif bagi perkembangan pendidikan dan memberikan arahan untuk melakukan penjaminan mutu sekolah/madrasah yang berkelanjutan, serta terus berusaha mencapai mutu yang diharapkan. Profil sekolah yang men-cerminkan mutu/kualitas yang baik tentunya minimal dapat memenuhi 8 standar nasional pendidikan yaitu Standar Isi, Standar Proses, Standar Kompetensi Lulusan, Standar Sarana Prasarana, Standar Tenaga Ke-pendidikan, Standar Pengelolaan Standar Pembiayaan dan Standar Pe-nilaian. Maka dari itu dalam penelitian ini, pembahasan yang ditekankan kepada pelaksanaan akreditasi Sekolah/Madrasah tingkat SMA/SMK di kota Palembang.

Akreditasi sekolah/madrasah bertujuan memberi informasi tentang kelayakan Sekolah/Madrasah atau program yang dilaksanakannya. Ber-dasarkan standar nasional pendidikan, memberikan pengakuan peringkat kelayakan, memberikan rekomendasi tentang penjaminan mutu kepada program dan atau satuan pendidikan yang diakreditasi.

Apabila tujuan akreditasi ini tercapai, maka besar manfaatnya bagi sekolah terakreditasi untuk mendapatkan pemberian bantuan dari ber-bagai komponen seperti: bantuan dari pemerintah, sumbangan dari donatur, pihak swasta dan bantuan-bantuan lainnya. Dengan demikian dapat menjadi acuan dalam upaya peningkatan mutu dan rencana pengembangan sekolah/madrasah dalam meningkatkan mutu pendidikan secara bertahap, terencana dan kompetitif baik di tingkat Kabupaten/ Kota, Provinsi, Nasional bahkan Internasional. Proses pendidikan di se-kolah/madrasah ditujukan pada peserta didik untuk dapat meningkatkan pengetahuan, kecerdasan, keterampilan dan kepribadian yang berahlak mulia agar dapat hidup mandiri dan mengikuti pendidikan lebih lanjut.

Full text

 

Metrics

  • visibility 267 views
  • get_app 207 downloads